Buruan Daftar, Program Mudik Gratis 2024 ke Tegal Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Buruan Daftar, Program Mudik Gratis 2024 ke Tegal Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

KOORDINASI - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal usai hadiri rakor program mudik gratis 2024 di kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah--

RADAR TEGAL - Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, menyiapkan 3 armada bus untuk program mudik gratis 2024. Program mudik tersebut dibuka Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mulai Rabu 6 Maret 2024.

Kepala Dinas Perhubungan, Muhammad Budi Eko Setyawan menyatakan ada 3 mekanisme jalur pendaftaran program mudik gratis lebaran 2024 ini. Untuk warga Kabupaten Tegal yang ingin mendaftar, tetapi kuota bus yang disediakan sudah penuh, maka bisa mendaftarkan melalui aplikasi.

"Pendaftaran untuk ikut program mudik gratis Lebaran 2024 ke Kabupaten Tegal dilakukan secara online. Masyarakat yang berminat bisa segera mendaftar ketika pendaftarannya dibuka supaya tidak kehabisan kuota," katanya.

Menurut Eko, Bus dari Pemprov Jateng untuk program mudik gratis 2024, akan diberangkatkan dari Bandung dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ada dua penyelenggara mudik gratis, dari Pemprov Jateng dan Kementerian Perhubungan. 

BACA JUGA: Warga Jateng Cemas, Mudik Gratis dari Ganjar Tahun Ini Terakhir: Semoga Tetap Berlanjut

"Kalau yang dari Kementerian Perhubungan tujuannya lebih banyak, misalkan Jakarta-Solo, Jakarta-Wonogiri," cetusnya.

Total, kata Eko, ada sebanyak 130 bus bantuan Bupati, Walikota, PT Jasa Raharja, dan Perum Perumnas. Untuk pendaftaran melalui perkumpulan perantau Jawa Tengah asal Kabupaten Tegal bisa melalui Ketua Komunitas, jika kuota sudah penuh diarahkan untk jalur pendaftaran lainnya. 

Sementara itu, bus bantuan Pj Gubernur Jateng, Bank Jateng, Baznas, dan PT Semen Gresik ada 58 unit. Pendaftaran dilakukan melalui website pedamateng.

Adapun persyaratan pendaftaran program mudik gratis 2024 yakni sebagai berikut:

BACA JUGA: Dilepas Ganjar, Ratusan Warga Jateng Mudik Gratis Menggunakan Kereta Api

  • Memiliki KTP Jawa Tengah
  • Bekerja di sektor informal berpenghasilan rendah seperti ojek, asisten rumah tangga, pedagang asongan, pedagang kaki lima pengemudi, buruh, dan lain-lain. 
  • Pendaftaran satu keluarga atau kelompok maksimal empat orang.

Demikian informasi terkait program mudik gratis 2024 yang sudah mulai dibuka pendaftarannya. (*) 

Sumber: