Perbandingan Pinjaman KUR BRI dan Non KUR, Mana yang Punya Bunga Lebih Kecil??

Perbandingan Pinjaman KUR BRI dan Non KUR, Mana yang Punya Bunga Lebih Kecil??

Ilustrasi. Perbandingan pinjaman KUR BRI dan non KUR -freepik-

Selain itu, biasanya pinjaman non KUR ini tidak perlu menyertakan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan usahanya. Tidak seperti pinjaman KUR yang harus memberikan surat keterangan usaha sah dari yang berwenang, serta syarat sejenisnya.

Di sisi lain dari segi tenor dan suku bunga non KUR juga bervariatif. Selain itu, besaran pinjaman non KUR cenderung lebih besar dibanding KUR, yang mencapai milyaran.

Perbandingan pinjaman KUR BRI dan non KUR

Setelah Anda mengetahui perbedaan pinjaman KUR dan non KUR, maka Anda juga perlu tahu perbedaan paling signifikan antara pinjaman KUR BRI dan non KUR. Berikut diantaranya.

1. Syarat pengajuan

KUR : untuk persyaratan jenis pinjaman ini biasanya lebih mudah dipenuhi, misalnya usaha yang dijalankan harus ada di skala mikro atau kecil, usaha aktif selama 6 bulan, dan sebagainya.

BACA JUGA : Cara Mengajukan KUR BRI Mikro Rp15 Juta Bunga 0,5% Cicilan Rp325 Ribu per Bulan, Berikut Syarat & Simulasinya

Non KUR : sementara untuk pinjaman non KUR syaratnya lebih ketat dan sesuai kebijakan bank BRI.

2. Nominal pinjaman

KUR BRI : perbandingan pinjaman KUR BRI dan non KUR selanjutnya dari nominal pinjaman, yang mana KUR ini biasanya besarannya lebih rendah sesuai kategori usaha yaitu mikro, kecil atau menengah.

Non KUR : besar pinjaman yang diberikan kemungkinan bisa lebih besar namun tergantung dari penilaian skor kredit nasabah dan kemampuan bayar si nasabah.

3. Suku bunga

KUR : perbedaan KUR dan non KUR juga terlihat dari suku bunga yang dibebankan ke nasabah, yang mana pinjaman KUR bunganya biasanya 6 persen pertahun atau 0,5 persen perbulan.

Non KUR : sementara untuk suku bunga non KUR biasanya 1 persen perbulan atau 12 persen pertahunnya.

BACA JUGA : Calon Nasabah Wajib Tahu, Ini Daftar Pertanyaan Survei KUR BRI dan Bocoran Jawabannya Secara Lengkap

Sumber: