Hal-hal yang Membatalkan Puasa, Muslim Wajib Tahu dan Hindari

Hal-hal yang Membatalkan Puasa, Muslim Wajib Tahu dan Hindari

RAMADHAN_Menghindari Hal-hal Membatalkan Puasa--pinterest

RADAR TEGAL - Umat muslim diwajibkan untuk berpuasa penuh dalam kurun satu bulan, yang mana dimulai dari terbit fajar sampai terbenam fajar. Hal ini merupakan kewajiban dilakukan, dan kita wajib menghindari ha-hal membatalkan puasa.

Berpuasa merupakan salah satu rukun islam yang keempat, yang mana biasa dilakukan oleh umat muslim. Apalagi pada bulan Ramadhan yang mana kita wajib menunaikan ibadah ini selama satu bulan penuh, jadi kita juga menghindari hal-hal membatalkan puasa.

Tentu kita harus menghindari hal-hal membatalkan puasa, karena sifatnya wajib, tidak ada yang berlubang, namun ada ketentuan juga disebutkan. Ada beberapa hal di mana seseorang tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Hal tersebut dengan menghindari hal-hal membatalkan puasa akan menjadi berkah yang bisa diterima selama menaati atau melaksanakan kewajiban sampai terbenam fajar. Ok langsung saja kita perlu tahu perintah berpuasa pada bulan Ramadhan, simak di bawah ini.

BACA JUGA: Apakah memakai Makeup Bisa Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

Perintah berpuasa 

Perlu kita tahu bahwa ada perintah di mana wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183 dan 184:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: "Wahai orang-orang yang berfirman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mangganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Itulah surat yang menjelaskan perintah sampai orang-orang yang tidak berpuasa wajib menggantinya di lain hari setelah Ramadhan berakhir. Berikutnya perlu menghindari hal0hal membatalkan puasa, berikut hal-hal yang harus dihindari tidak boleh dilakukan saat berpuasa:

BACA JUGA: Jangan Lakukan, 9 Hal yang Dapat Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa

Menghindari hal-hal membatalkan puasa apa saja?

Sumber: