Mengenal Sahabat Rasul yang Paling Jahil dan Lucu! Nu'aiman bin Amr

Mengenal Sahabat Rasul yang Paling Jahil dan Lucu! Nu'aiman bin Amr

--

RADAR TEGALNu'aiman bin Amr bin Rafah adalah sahabat Nabi yang berasal dari kaum Anshar. Di kalangan para sahabat, beliau dikenal sebagai sahabat yang paling jahil dan lucu sampai-sampai Rasulullah SAW bersabda, "Nu'aiman akan masuk surga sambil tertawa karena dia suka membuatku tertawa." 

Dengan tingkahnya, Nu'aiman bin Amr bin Rafah sering kali menghibur Rasulullah SAW, tapi tidak jarang juga membuat Rasulullah kesal karena Nu'aiman merupakan sahabat yang suka minum arak dan beberapa kali tertangkap basah sedang mabuk. Sudah puluhan kali dihukum cambuk, tetapi karena tingkahnya yang paling jahil dan lucu tetap dicintai oleh Rasulullah.

Meskipun sering berkelakar, Nu'aiman bin Amr bin Rafah juga menyimpan kebijaksanaan dan hikmah dalam tindakannya. Sehingga menjadikannya sebagai sahabat Rasul yang paling jahil dan lucu.

Mari mengenal sahabat Rasul yang paling jahil dan lucu Nu'aiman bin Amr bin Rafah. Berikut kisahnya.

BACA JUGA: 4 Peristiwa Bersejarah pada Zaman Nabi yang Terjadi di bulan Ramadhan, Salah Satunya Peristiwa Ubaidiyah

Dikisahkan pada suatu waktu, Nu'aiman bin Amr bin Rafah yang sedang meminum arak dihampiri oleh beberapa sahabat, seketika Nu'aiman langsung berdiri dan bertanya, "Ada apa?"

Salah seorang sahabat pun langsung memarahi dengan makian, "Kamu ini setiap hari bersama Rasulullah, tapi kelakukanmu tetap saja seperti ini. Apa tidak malu sama Rasul."

Sahabat lainnya meneruskan, "Dasar kamu ini Nu'aiman orang bejat, tidak pantas orang seperti kamu dicintai Rasul karena pasti kau akan dilaknat oleh Allah SWT atas perbuatanmu."

Saat itu Rasulullah SAW pun lewat dan langsung bertanya, "Ada apa ini?", kemudian salah seorang sahabat langsung menceritakan semuanya.

BACA JUGA: Kisah Sahabat Nabi SAW: Dulunya Pembenci Islam sampai Heroiknya Umar bin Khattab dalam Membela Islam

Setelah mendengarkan penjelasan tersebut, seketika Rasulullah langsung balik memarahi para sahabat. 

"Jangan pernah sekali lagi kalian semua menghujat dan melaknat Nu'aiman meskipun dia seperti ini, tapi dia selalu membuatku tersenyum, dia masih mencintai Allah dan aku, dan tidak ada hak bagi kalian melarang Nu'aiman mencintai Allah dan mencintaiku."

Jadi, walaupun Nu'aiman dikenal sebagai sahabat yang suka mabuk-mabukan, dia merupakan seorang mujahid sejati.

Cerita Jenaka Nu'aiman

Sumber: