4 Peristiwa Bersejarah pada Zaman Nabi yang Terjadi di bulan Ramadhan, Salah Satunya Peristiwa Ubaidiyah

4 Peristiwa Bersejarah pada Zaman Nabi yang Terjadi di bulan Ramadhan, Salah Satunya Peristiwa Ubaidiyah

--

RADAR TEGAL - Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi umat Islam. Banyak sekali peristiwa bersejarah pada zaman nabi yang terjadi pada bulan Ramadhan.

Peristiwa bersejarah pada zaman nabi menjadi landasan agama Islam dan memberikan inspirasi bagi umat Islam hingga saat ini. Mulai dari turunnya wahyu yang pertama, Perang Badar, hingga Fathu Mekkah atau kemenangan Agung di Tanah Suci.

Peristiwa bersejarah pada zaman nabi tersebut menjadi tonggak penting dan titik balik kejayaan Islam. Apalagi peristiwa-peristiwa itu merupakan bagian terpenting dalam sejarah dan perkembangan peradaban Islam.

Berikut rangkuman peristiwa bersejarah pada zaman nabi untuk menambah wawasan kita:

BACA JUGA: 8 Tips Sahur yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, Bikin Puasa Ramadan-mu Optimal dan Penuh Berkah

1. Turunnya Al-Furqan (Alquran)

Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Pristiwa turunnya Al-Quran bertepatan pada malam Lailatul Qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Pada 17 Ramadhan, 13 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah. Malaikat Jibril menemui Nabi Muhammad di Gua Hira Mekkah dengan membawa wahyu Allah SWT.

Turunnya Al-Quran tidak hanya dalam satu malam, tetapi secara bertahap selama 23 tahun. Ayat yang pertama kali turun adalah surah Al-Alaq (96:1-5) yang berbunyi:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Artinya:

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan (sekalian makhluk). Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Pemurah. Dia mengajarkan (manusia) melalui pena. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

BACA JUGA: 8 Tips Sahur yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW, Bikin Puasa Ramadan-mu Optimal dan Penuh Berkah

2. Perang Badar

Peristiwa bersejarah pada zaman nabi selanjutnya juga terjadi pada 17 Ramadhan. Perang antara pasukan Muslim yang dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW dengan pasukan Quraisy yang dipimpin Abu Jahal.

Dengan jumlah pasukan yang lebih sedikit, tidak menyurutkan tekad kuat dari Nabi Muhammad dan pasukannya. Dalam pertempuran ini, pasukan Muslim berhasil memporak-porandakan pasukan kafir.

Hal ini memberikan rasa percaya yang besar kepada umat Islam, karena meskipun dalam kondisi yang sulit mereka masih bisa bertahan bahkan memenangkan pertempuran.

Setelah kemenangan tersebut, Nabi Muhammad kembali ke Madinah dengan sambutan yang indah dan meriah.

3. Peristiwa Ubaidiyah

Peristiwa ini di latar belakangi oleh penyerangan yang dilakukan oleh suku Ghatafan, suku 'Urainah, dan suku 'Ukl terhadap umat Muslim. Untuk menghadapi ancaman ini, pasukan Muslim yang dipimpin Nabi Muhammad SAW keluar dari Madinah.

BACA JUGA: 10 Jenis Kurma Terfavorit Paling Dicari di Dunia, Kurma Nabi Menjadi Salah Satunya

Saat itu, pasukan Muslim menemukan sumur yang beracun. Meskipun dalam kondisi terdesak, Nabi Muhammad SAW memerintahkan pasukannya untuk tidak meminum air tersebut.

Seorang pemimpin Muslim yang berkhianat bernama Abu Bara'al-Aslami meminta perlindungan tetapi malah bunuh diri. Dengan adanya peristiwa ini, membuktikan bahwa pasukan Muslim memiliki keberanian dalam mempertahankan prinsip kedailan dan keimanan di tengah tantangan.

4. Peristiwa Fathu Mekkah

Peristiwa bersejarah pada zaman nabi yang terakhir terjadi pada tahun ke-8 Hijriah yang merupakan penaklukan kota suci Mekkah yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh peristiwa perjanjian yang disepakati antara kaum Muslimin dengan kaum Quraisy di perjanjian Hudaibiyyah beberapa tahun silam.

Orang Quraisy yang ingkar dan bersekutu dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Nabi Muhammad SAW. Khalid bin Walid ditugaskan oleh Nabi Muhammad untuk menjadi panglima perang mendapatkan pesan untuk tidak menyerang sebelum diserang.

Meskipun dalam keadaan berpuasa, pasukan muslimin berhasil menaklukan orang Quraisy hingga mereka menyerah. Dengan kemurahan hatinya, Nabi Muhammad memafkan dan membebaskan orang-orang Quraisy yang telah menyerah.

BACA JUGA: Mirip Masjid Nabawi, Ini Sejarah Berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah

Kesimpulan

Peristiwa bersejarah pada zaman nabi seperti turunnya Al-Quran, Perang Badar, Peristiwa Ubaidiyyah, dan Fathu Mekkah adalah tonggak penting dalam sejarah Islam. Dalam setiap peristiwa terdapat nilai-nilai keadilan, keimanan, kesabaran, dan pengampunan yang menjadi inti dari ajaran Islam. (*)

Sumber: