Hukum Salat Tarawih di Rumah, Apakah Boleh atau Tidak?

Hukum Salat Tarawih di Rumah, Apakah Boleh atau Tidak?

SHOLAT - Apa hukum sholat tarawih di rumah jika ada uzur?--(Foto: Freepik/rawpixel.com)

Mengutip dari NU Online, salat tarawih lebih baik dilakukan berjamaah. Namun dengan beberapa alasan seperti berhalangan (uzur), maka boleh melakukannya secara sendiri (munfarid).

Hal ini sesuai dengan yang dinyatakan dalam sebuah hadis, yaitu:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري ومسلم)

"Dari 'Aisyah Ummil Mu'minin radliyallahu 'anha, sesungguhnya Rasulullah pada suatu malam salat di masjid, lalu banyak orang salat mengikuti beliau. Pada hari ketiga atau keempat, jamaah sudah berkumpul (menunggu Nabi) tapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam justru tidak keluar menemui mereka. Pagi harinya beliau bersabda, 'Sunguh aku lihat apa yang kalian perbuat tadi malam. Tapi aku tidak datang ke masjid karena aku takut sekali bila salat ini diwajibkan pada kalian." Sayyidah 'Aisyah berkata, 'Hal itu terjadi pada bulan Ramadhan'." (HR Bukhari dan Muslim).

Meskipun lebih baik melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid, ada beberapa alasan yang membolehkan seseorang sholat tarawih di rumah. 

Hal ini sesuai dengan hadis yang menceritakan tentang Rasulullah SAW yang pada suatu malam salat di masjid, lalu pada malam berikutnya banyak orang yang berkumpul untuk melaksanakan salat tarawih. 

Namun, pada malam ketiga atau keempat, beliau tidak keluar untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah (HR Bukhari dan Muslim).

Pahala salat tarawih yang dilakukan secara berjamaah sangat besar, mencapai 27 kali lipat dibandingkan dengan melaksanakannya sendiri. 

Selain itu, melalui salat tarawih berjamaah, seseorang dapat membangun rasa cinta kepada masjid dan mendapatkan wawasan yang luas mengenai agama melalui ceramah dari ustaz yang biasanya disampaikan setelah salat tarawih. 

Selain itu, turut serta meramaikan masjid dan mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim adalah hal yang sangat dianjurkan.

Kesimpulan

Jadi, apakah lebih baik melaksanakan salat tarawih di rumah atau berjamaah di masjid? Jawabannya tergantung pada kondisi dan kemampuan masing-masing individu. 

Namun, jika memungkinkan, melaksanakan salat tarawih secara berjamaah di masjid adalah pilihan yang lebih baik karena memberikan lebih banyak pahala dan memberikan manfaat yang lebih daripada salat tarawih di rumah dan lebih besar secara spiritual dan sosial bagi umat Islam. 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan penuh keikhlasan dan keberkahan.(*)

Sumber: