Hukum Salat Tarawih di Rumah, Apakah Boleh atau Tidak?

Hukum Salat Tarawih di Rumah, Apakah Boleh atau Tidak?

SHOLAT - Apa hukum sholat tarawih di rumah jika ada uzur?--(Foto: Freepik/rawpixel.com)

RADAR TEGAL - Di artikel ini kita akan membahas hukum salat tarawih di rumah. Dalam bulan Ramadhan, umat Islam selalu diramaikan oleh ibadah salat tarawih. Salat yang dilakukan setiap malam ini memiliki kedudukan yang istimewa dalam hati umat Islam. 

Karena selain sebagai ibadah sunnah, salat tarawih juga menjadi momen untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Apa hukum salat tarawih di rumah jika ada uzur?

Keutamaan salat tarawih telah ditegaskan oleh Rasulullah SAW dan para ulama, memperkuat keyakinan umat Islam akan nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Namun masih banyak orang bingung hukum sholat tarawih di rumah. 

Namun, di tengah semangat memperbanyak ibadah di bulan suci ini, sering kali timbul pertanyaan mengenai boleh atau tidaknya melaksanakan salat tarawih di rumah.

Salat tarawih

Melalui artikel ini, kita akan memahami hukum serta hikmah dari pelaksanaan salat tarawih, baik secara berjamaah maupun individu, sehingga kita dapat memahami lebih dalam makna ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan ini.

Namun, adakah kemungkinan untuk melaksanakan salat tarawih di rumah? Pertanyaan ini mungkin timbul di benak beberapa orang, terutama di masa-masa ketika akses ke masjid terbatas atau ketika kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk keluar rumah. 

Mengutip dari NU Online, Syekh Wahbah Zuhaili menjelaskan bahwa hukum tarawih adalah sunnah kifayah, yang berarti jika dilakukan akan mendapatkan pahala, tetapi tidak berdosa jika tidak dilakukan.

Berikut hadis yang menganjurkan kita sebagai umat islam untuk mendirikan salat tarawih:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Dari Abi Hurairah radliyallahu 'anh Rasulullah gemar menghidupkan bulan ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: 'Barangsiapa yang melakukan ibadah (salat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya diampuni dosa-dosanya yang telah lewat." (HR Muslim)

Hadis yang disampaikan oleh Abu Hurairah radliyallahu 'anh menguatkan anjuran Rasulullah SAW untuk melaksanakan salat tarawih di bulan Ramadhan. 

Beliau bersabda bahwa orang yang melaksanakan ibadah ini dengan iman dan mengharapkan ridha dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lewat akan diampuni (HR Muslim).

Hukum salat tarawih di rumah

Sumber: