Amalan Malam Nisfu Syaban Penghapus Dosa, Catat Tanggalnya Agar Tak Ketinggalan Momen

Amalan Malam Nisfu Syaban Penghapus Dosa, Catat Tanggalnya Agar Tak Ketinggalan Momen

Membaca Alquran, salah satu Amalan malam nisfu syaban yang sangat dianjurkan--

RADAR TEGAL - Ada sejumlah amalan malam nisfu syaban yang sangat dianjurkan untuk umat muslim kerjakan. Hal itu, seperti dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Amalan malam nisfu Syaban ini memang cukup ringan dikerjakan. Namun, sayangnya ada sebagian umat muslim yang terkadang melalaikannya.

Anjuran mengerjakan amalan malam nisfu Syaban sendiri diantaranya disebutkan dalam beberapa hadis Rasulullah SAW. Seperti yang diriwayatkan Ibnu Majah yang artinya, Jika tiba malam nisfu Sya’ban, beribadahlah di malamnya dan puasalah di siangnya.

Namun, selain berpuasa, ada beberapa amalan malam nisfu Syaban lainnya yang bisa kita kerjakan. Dengan niat ikhlas dan kesungguhan hati, amalan berikut bisa menghapuskan dosa yang melaksanakannya serta dapat mendatangkan rezeki.

BACA JUGA: Ringan Dilakukan, Ini Amalan Bulan Syaban yang Bisa Hapus Dosa dan Datangkan Rizki Berlimpah

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Nisfu Syaban sendiri merupakan malam pertengahan di bulan Syaban. Atau malam tanggal 15 bulan ke-8 penanggalan Hijriyah.

Dianjurkannya kita melaksanakan amalan malam nisfu Syaban, lantaran ada beberapa keutamaan yang terdapat di malam tersebut. Beberapa keutamaan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Dibukanya Pintu Rahmat dan Ampunan

Bulan Syaban, diapit oleh 2 bulan mulia dalam penanggalan Hijriyah, yakni Rajab dan Ramadhan. Lantaran diapit dua bulan mulia, maka Syaban di dalamnya terdapat beberapa kemuliaan.

Kemuliaan itu antara lain dibukanya 300 pintu Rahmat dan ampunan. Ini, terjadi pada malam Nisfu Syaban.

BACA JUGA: Video Ceramah Evie Efendi Mendadak Viral! Sebut Hadis Nisfu Syaban Cacat

2. Diangkatnya Amalan Manusia 

Bulan Syaban memiliki keutamaan di salah satu malamnya, yakni, diangkatnya amalan manusia kepada Allah. Sehingga, kita sangat dianjurkan untuk mengerjakan amalan. 

Sumber: