Abrasi Pantai Kabupaten Tegal Capai 3-4 Kilometer, 4000 Bibit Pohon Cemara Disalurkan

Abrasi Pantai Kabupaten Tegal Capai 3-4 Kilometer, 4000 Bibit Pohon Cemara Disalurkan

FOTO BERSAMA- Salah satu penanganan abrasi pantai Kabupaten Tegal dengan penanaman pohon cemara. Sekda Jateng Sumarno (tengah, memakai kemeja batik) berfoto bersama jajaran Kementerian LHK dan unsur Forkopimda Kabupaten Tegal sesaat sebelum melakukan pena-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Dengan garis pantai sepanjang 13 kilometer, abrasi pantai Kabupaten Tegal mencapai 3 sampai 4 kilometer. Hal ini seperti diungkap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Joko Kurnianto saat berlangsung penanaman bibit pohon serempak di seluruh Indonesia tingkat Jawa Tengah dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang dipusatkan di Pantai Padaharja, Kecamatan Kramat, Rabu 7 Februari 2024.

Dia membeberkan berbagai upaya yang terus dilakukan Pemkab Tegal dalam mencegah abrasi Pantai Kabupaten Tegal. Salah satunya dengan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk melakukan penanaman pohon di area sekitar pantai.

"Mengikutsertakan komunitas peduli lingkungan untuk membersihkan pantai. Dan ini merupakan langkah strategis untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam,” ujarnya terkait penanganan abrasi pantai Kabupaten Tegal.

Abrasi pantai Kabupaten Tegal, termasuk di daerah pesisir pantai utara akibat perubahan iklim, kerusakan ekosistem mangrove, dan penurunan permukaan tanah menjadi persoalan lingkungan di sebagian pesisir utara Jawa. Selain itu, wilayah pesisir juga paling banyak menanggung dampak lingkungan dari aktivitas ekonomi manusia di hulu hingga hilir.

BACA JUGA: Abrasi Pantura Tegal Semakin Parah, Hancurkan Fasilitas Purin dan Rusak Rumah Warga

Joko menambahkan, keberadaan ekosistem pantai sangat penting. Tidak saja mencegah interusi air laut, mengikat sedimen dan biofilter alami untuk melindungi kawasan pesisir dari abrasi dan tsunami, tetapi juga mampu menyerap emisi karbon. 

Terlebih, Pantai Padaharja ini merupakan salah satu destinasi wisata potensial dan perikanan tambak yang harus dijaga keberlanjutannya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga pesisir.

“Dengan konsep ekowisata ini maka potensi ekonomi dari keberadaan hutan cemara bisa ditingkatkan lagi, di samping fungsi ekologi hutan cemara sebagai tempat berkembang biak aneka satwa seperti burung, tupai, dan serangga,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan bibit pohon cemara laut sebanyak 4.000 batang senilai Rp32,3 juta dan sarana prasarana wisata alam senilai Rp40 juta kepada Kelompok Tani Hutan Sida Mulya. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ade Palguna. 

BACA JUGA: Abrasi Pesisir Pantura Kabupaten Tegal Mengkhawatirkan, Bupati: Butuh Perluasan Mangrove

Menurut Ade, tekanan dampak lingkungan di kawasan pesisir akan semakin berat seperti halnya sampah dan limbah yang terangkut ke laut melalui sungai mengakibatkan rusaknya ekositem pesisir dan biota laut hingga terganggunya rantai makanan.

Selain itu, abrasi juga menjadi salah satu ancaman nyata atas keberlangsungan ekosistem di wilayah pantai, termasuk kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sehingga menurutnya perlu ada mekanisme kompensasi terhadap daerah hilir yang sudah dicemari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Pemerintah harus mulai merencanakan sebuah kompensasi untuk warga masyarakat hilir yang tidak banyak mendapatkan kompensasi dari kegiatan pembangunan yang sudah dilakukan di hulu,” ujar Ade.

Menurutnya, masyarakat yang tinggal di hilir seperti kawasan pesisir pantai ini merasakan dampak negatif paling besar dari aktivitas pembangunan besar-besaran di kawasan hulu. Hal ini memang tidak dirasakan oleh mereka yang tinggal di hulu. Bahkan disayangkan, tidak banyak yang sadar akan ancaman serius yang dihadapi masyarakat pesisir akibat aktivitas perekonomian di hulu.

Sumber: