Bahaya Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Foto KTP, Pelajari Sebelum Meminjam

Bahaya Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah dan Foto KTP, Pelajari Sebelum Meminjam

Bahaya Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Ilegal--

BACA JUGA: Jam Operasional DC Pinjol yang Resmi dari OJK, Jangan Diterima di Luar Waktu Itu

2. Penipuan Identitas

Meskipun tanpa veriifkasi wajah dan selfie KTP masih ada kemungkinan data pribadi kamu disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Bisa saja data pribadi kamu digunakan untuk tujuan kriminal seperti pembobolan rekening, penggelapan dana dan lainnya.

3. Penagihan yang Tidak Manusiawi

Bahaya selanjutnya yaitu cara penagihan yang tidak manusiawi untuk para nasabahnya. Pinjol ilegal seringkali menggunakan cara yang tidak manusiawi dalam menagih nasabah yang belum membayar.

Mereka bisa melakukan kekerasan dalam menagih, seperti mengintimidasi, memeras, dan melakukan kekerasan fisik. Hal ini pastinya akan sangat merugikan nasabah yang ditagih.

Namun jika kamu mengalami kekerasan dalam penagihan bisa melaporkan ke pihak yang berwajib. Seperti melaporkan ke polisi atas tindakan penganiayaan atau perilaku tidak mengenakan.

BACA JUGA: 3 Cara Menghadapi DC Pinjol yang Bengis, Nomor 1 Paling Ampuh

Itulah beberapa bahaya pinjol tanpa verifikasi wajah dan foto KTP yang harus kamu waspadai. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk meminjam, kamu bisa mengecek apakah pinjaman online tersebut legal atau tidak lewat website OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Selain itu mereka juga bisa saja menyebarkan data pribadi kamu sebagai ancaman agar langsung membayar lunas. Mereka juga bisa melakukan teror tidak hanya ke kamu, namun ke keluarga, teman, kerabat, dan saudara lain yang menjadi kontak darurat.

Pinjaman online ilegal tanpa verifikasi wajah dan foto KTP tidak disarankan untuk kamu gunakan. Karena memang akan ada beberapa kerugian yang didapatkan nasabah jika menggunakan pinjaman online ilegal ini.

Sebaiknya kamu langsung menggunakan pinjaman online legal yang sudah terdaftar di OJK dan memiliki izin. Meskipun memiliki persyaratan yang lebih sulit daripada pinjol ilegal, namun pinjaman online legal memiliki izin dan tidak memberikan kerugian ke nasabah.

BACA JUGA: Selain Menghapus, Begini Cara Melindungi Data KTP Pinjol yang Rawan Disalahgunakan

Sumber: