Cara Memilih PK AC Sesuai Ukuran Ruangan, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Cara Memilih PK AC Sesuai Ukuran Ruangan, Sesuaikan dengan Kebutuhan

memilih PC AC sesuai ukuran ruangan--

RADAR TEGAL - Bagi Anda yang sedang bingung memilih PK AC sesuai ukuran ruangan. Kini jangan khawatir, berikut cara yang bisa Anda tahu.

Memilih PK AC sesuai ukuran ruangan merupakan salah satu langkah membeli pendingin ruangan yang tepat dan tidak boros listrik. Sehingga selain sesuai dengan kebutuhan Anda, tagihan listrikpun jadi tidak membengkak.

Memilih PC AC sesuai ukuran ruangan menjadi salah satu tips berguna sebelum Anda membeli pendingin ruangan. Denan tahu PK AC yang sesuai, maka penggunaan AC jadi makin eknomis.

Berikut cara memilih PK AC sesuai ukuran ruangan yang harus Anda tahu. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Keunggulan AC Pintar dengan Fitur WiFinya, Salah Satunya Bisa Dikontrol Jarak Jauh

BACA JUGA: 5 Tanda AC Harus Diganti yang Baru, Salah Satunya Tagihan Listrik Melonjak

Cara memilih PK AC sesuai ukuran ruangan

Sebelum mengetahui caranya, tahukah Anda mengenai PK AC? PK AC adalah satuan untuk mengukur tenaga AC yang dibutuhkan untuk mendinginkan suatu ruangan. Kata PK merupakan akronim kosa kata Bahasa Belanda, yaitu Paard Kracht atau sering juga disebut Horsepower (HP) dalam Bahasa Inggris.

Memilih PK AC sesuai ukuran ruangan terdapat berbagai macam jenisnya, 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 1 1/2 PK, dan 2 PK. Namun untuk menentukan Pk yang sesuai dengan ukuran ruangan, Anda bisa mengetahuinya dari ukuran ruangan.

Berikut ukuran ruangan yang bisa Anda jadikan patokan sebelum membeli:

  • AC1/2 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 10 meter persegi, misalnya ruangan kantor kecil.
  • AC 3/4 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 14 meter persegi, misalnya kamar tidur kecil.
  • AC 1 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 18 meter persegi, misalnya kamar tidur sedang.
  • AC 1 1/2 PK = untuk ruangan berukuran maksimal 24 meter persegi, misalnya kamar tidur besar, ruang tamu, dan ruang keluarga.
  • AC 2 PK= untuk ruangan berukuran maksimal 36 meter persegi, misalnya ruang ibadah kecil (musala), ruang serbaguna, ruangan kantor, dan kafe kecil.

BACA JUGA: AC 1/2 PK yang Bagus dan Hemat Listrik, Teknologi Canggih yang Bikin Ruangan Dingin dalam Hitungan Detik

BACA JUGA: Rekomendasi AC Portable Mini untuk Kamar Terbaik, Harganya Murah Banget

Meski pemilihan PK sudah diperhatikan Anda juga perlu mempertimbangan tips agar hemat listrik. Di antaranya yaitu matikan AC ketika sudah tidak digunakan. Sehingga selain memilih PC AC sesuai ukuran ruangan yang tepat, Anda juga bisa menghemat listrik. (*)

Sumber: