5 Tanda AC Harus Diganti yang Baru, Salah Satunya Tagihan Listrik Melonjak

5 Tanda AC Harus Diganti yang Baru, Salah Satunya Tagihan Listrik Melonjak

Berikut ini tanda AC harus diganti yang baru --Freepik

RADAR TEGAL -  AC saat ini menjadi barang elektronik yang pastinya di setiap rumah ada, karena sangat berfungsi untuk mendinginkan suhu ruangan ketika udara panas melanda. Namun AC juga ternyata memiliki jangka waktu atau pakainya, lalu bagaimana cara mengetahui tanda AC harus diganti yang baru?

 

Jika AC sering dirawat dengan baik secara teratur bisa memperpanjang alat elektronik tersebut. Meskipun demikian bisa saja rusak tanpa disadari. Untuk itu Anda perlu tahu tanda AC harus diganti yang baru.

 

Lalu apa saja sih tanda AC harus diganti yang baru? Kami akan menjelaskan selengkapnya di bawah ini. Jangan lupa baca sampai habis ya.

 

Berikut ini adalah tanda AC harus diganti yang baru. Simak baik-baik ya:

BACA JUGA: Hemat Listrik dan Murah! Intip 5 Rekomendasi AC Portable Harga Dibawah 1 Juta yang Cocok untuk Anak Kos

Tanda AC harus diganti yang baru

1. Suara Bising Berlebihan

 

Jika Anda sering mendengar suara AC bising berlebihan itu menjadi tanda sebaiknya harus mengganti AC yang baru. Namun jika suara bising masih minim saat dinyalakan, kemungkinan terdapat kerusakan komponen kecil yang masih bisa diperbaiki.

 

2. Tercium Bau Tidak Sedap

 

Jika AC Anda berbau apek atau berjamur saat dinyalakan ini menandakan unit Anda tengah mengalami permasalahan serius. Kalau hal ini memang terjadi disarankan untuk segera ganti unit AC yang baru.

 

3. Tagihan Listrik Melonjak

 

Tanpa disadari jika ternyata tagihan listrik melonjak penyebabnya mungkin ada masalah pada AC. AC yang tidak efisien mungkin terus menerus bekerja untuk menjaga ruangan tetap sejuk, sehingga menghabiskan lebih banyak listrik dibandingkan jika dijalankan dengan kecepatan rata- rata.

 

4. Mengalami Banyak Masalah

 

Jika AC Anda mengalami banyak masalah kerusakan seperti tiba- tiba mati sendiri, AC berkedip, freon bocor, thermostat tidak bekerja dan permasalahan lainnya yang menyebabkan Anda sering panggil teknisi AC, ini berarti saatnya untuk mengganti unit AC yang baru.

BACA JUGA: Tips Mengatasi dan Mencegah Evaporator AC Mobil Berlendir, Jangan Biarkan Terlalu Lama

5. AC Tidak Dingin

 

Fungsi AC sendiri yakni untuk mendinginkan suhu ruangan. Namun jika AC mulai tidak dingin, mengeluarkan hawa udara panas kemungkinan penyebabnya kompresor AC mengalami kerusakan, pipa bocor, freon habis dan masalah lainnya.

 

Selanjutnya Anda bisa memanggil teknisi untuk menservis AC masih bisa diperbaiki atau memang harus diganti AC yang baru.

 

Itulah tanda-tanda AC harus diganti yang baru yang mesti Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: