5 Cara Merawat AC Portable dengan Benar Supaya Awet, Tidak Perlu Repot-repot Panggil Tukang Servis

5 Cara Merawat AC Portable dengan Benar Supaya Awet, Tidak Perlu Repot-repot Panggil Tukang Servis

5 Cara Merawat AC Portable dengan benar agar Awet--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Cara merawat AC portable ini memang tidak sesulit seperti AC pada umumnya. kamu akan hanya membutuhkan ketelatenan dan beberapa pengecekan saja pada item yang ada di dalamnya.

Cara merawat AC portable bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus memanggil tukang servis untuk melakukan pengecekan. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih hemat dalam biaya untuk perawatan AC.

Cara merawat AC portable harus kamu lakukan agar barang elektronik tersebut minimal bisa kamu gunakan untuk bertahun-tahun. Dengan melakukan perawatan tentunya barang elektronik akan lebih awet dan juga memiiki kinerja yang tetap maksimal.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang 5 cara merawat AC portable dengan benar. Beberapa cara ini juga dilakukan pada perawatan AC dinding juga loh.

BACA JUGA: 4 Pilihan AC Murah Low Watt Tahun 2024 dan Keunggulannya, Ternyata Bisa Lebih Baik dari Jenis Inverter?

BACA JUGA: 4 Keunggulan dan Keuntungan AC Inverter yang Memang Harus Kamu Pilih, Mulai dari Hemat Listrikdan Tidak Bising

5 Cara merawat AC portable dengan benar

1. Bersihkan dengan lap lembap

Untuk memberikan kesan bersih pada AC pada setiap saat, sebaiknya kamu minimal melakukan pembersihan dengan lap. Kamu bisa melakukan pembersihan ini dengan menggunakan lap yang sedikit lembap.

Hal ini tentunya agar AC bisa bersih dan juga tidak rusak karena lap yang basah. Untuk waktunya sangat fleksibel, kamu bisa membersihkannya 3 hari sekali atau seminggu sekali untuk mendapatkan AC yang bersih.

2. Bersihkan saringan atau filter udara

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan pembersihan kepada saringan atau filter udara yang sudah sangat kotor. Hal ini karena bagian ini adalah bagian yang menyaring udara beserta debu yang berterbangan di udara.

Filter udara ini jika dalam keadaan yang kotor juga bisa membuat kinerja AC menjadi semakin menurun. Namun, jika AC memiliki filter udara yang bersih tentunya kinerjanya tidak akan terganggu dengan tumpukan debu yang menggunung.

BACA JUGA: Perbedaan AC Split dan Inverter yang Wajib Diketahui, Pilih Mana yang Sehat untuk Rumah Anda

3. Cara merawat AC portable: tutup ruangan

AC portable bekerja paling baik di lingkungan tertutup. Jika kamar tidur Anda memiliki tata letak lantai terbuka, seperti dapur dan ruang tamu, pastikan untuk menutup pintu agar udara dingin tetap beredar dan udara hangat berlebih tidak dapat masuk.

Mencoba tempatkan AC portable di sudut ruangan yang tidak terpapar langsung sinar matahari juga. Cara ini akan berfungsi untuk mencega mesin AC bekerja secara terlalu panas jika berada di bawah sinar matahari.

4. Hindari menggunakan barang elektronik berlebihan

Cara selanjutnya adalah agar AC terasa lebih awet karena kinerjanya akan semakin baik ketika kamu gunakan. Barang elektronik hanya akan membuat sumber panas baru pada ruangan tersebut yang menghambat pendinginan yang AC lakukan.

Sumber: