Perbedaan AC Split dan Inverter yang Wajib Diketahui, Pilih Mana yang Sehat untuk Rumah Anda

Perbedaan AC Split dan Inverter yang Wajib Diketahui, Pilih Mana yang Sehat untuk Rumah Anda

Perbedaan AC Split dan Inverter Ini Perlu Kamu Ketahui--freepik and personal editing By Canva

RADAR TEGAL - Perbedaan AC split dan inverter memang masih menjadi salah satu perbincangan ketika hendak membeli. Untuk memudahkan kamu, sebaiknya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang jenis AC tersebut.

Perbedaan AC split dan inverter ini memang menjadi perbincangan karena kedua jenis ini sering orang gunakan dari pada jenis lainnya. Jika kamu masih bingung dengan perbedaannya, kamu bisa memperhatikan beberapa hal ini.

Perbedaan AC split dan inverter sebenarnya bisa kita temukan baik dai bagian dalam maupun luar. Jadi kamu tidak perlu lagi bingung tentang perbedaan antara kedua jenis ini.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang perbedaan AC split dan inverter. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui penjelasannya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan AC saat Hujan agar Tetap Awet dan Performa Tetap Baik

Perbedaan AC split dan inverter yang perlu kamu tahu

1. Cara Kerja Kompresor

Karena bagian ini menghasilkan hawa dingin, kompresor AC dapat digambarkan sebagai jantung. Ketika kompresor jenis AC split dinyalakan, kinerjanya akan langsung penuh.

Jika suhu ruangan tinggi, kinerja kompresor akan berputar lebih cepat. Sebaliknya, AC inverter menggunakan komponen kompresor tetap menyala dengan arus listrik yang dapat disesuaikan.

Misalnya, ketika bagian thermostat mengidentifikasi suhu yang terlalu panas di dalam ruangan, putaran kompresor dapat diatur dengan cepat, dan jika suhu tidak terlalu panas, Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan.

2. Daya Listrik

Dengan teknologi inverternya yang lebih sedikit daripada split AC, AC inverter mungkin lebih hemat daya. Berikut rincian agar kamu memiliki gambaran tentang konsumsi energinya.

BACA JUGA: 6 AC Murah Cepat Dingin untuk Tahun 2024, Harganya Murah Kualitas Bukan Kaleng-kaleng

Jika kita melihat bagaimana AC split dan inverter berbeda, inverter hanya membutuhkan 225 hingga 900 watt, sedangkan AC split memerlukan 800 watt atau lebih. Dengan demikian, inverter dapat menggunakan lebih sedikit listrik di set daya paling rendah.

3. Kebisingan Suaranya

Perbedaan AC split dan inverter berikutnya adalah terkait penggunaan daya. Jika penggunaan dayanya lebih kecil, AC inverter jauh lebih senyap ketimbang split AC biasa. 

Sumber: