Tanda-tanda Motor Turun Mesin, Nomor 4 Sering Diabaikan Sampai Akhirnya Masuk Bengkel

Tanda-tanda Motor Turun Mesin, Nomor 4 Sering Diabaikan Sampai Akhirnya Masuk Bengkel

Tanda-tanda motor turun mesin--

RADAR TEGAL - Motor, sebagai kendaraan yang sangat populer di Indonesia, memerlukan perawatan berkala untuk menjaga performa dan daya tahannya. Salah satu masalah yang seringkali menjadi momok bagi para pengendara saat muncul tanda-tanda motor turun mesin. 

Turun mesin adalah kondisi di mana mesin motor mengalami kerusakan parah yang membutuhkan perbaikan atau penggantian komponen krusial. Untuk menghindari kerugian yang lebih besar, penting untuk mengenali tanda-tanda motor turun mesin sejak dini.

Lalu apa saja tanda-tanda motor turun mesin yang harus kita waspadai? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Karena di dalamnya akan mengulas tanda-tanda motor turun mesin yang perlu kita ketahui sebelum membawanya ke bengkel. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Bocoran Honda Supra GTR 150 Terbaru 2024, Motor Bebek Paling Sporty

Tanda-tanda motor turun mesin

1. Keluar Asap Putih dari Knalpot

Tanda-tanda motor turun mesin yang pertama ialah asap putih yang keluar dari knalpot bisa menjadi pertanda serius. Ini disebabkan oleh kebocoran oli mesin yang masuk ke dalam ruang bakar. Jika ring seher aus atau rusak, oli mesin dapat bocor dan terbakar, menghasilkan asap putih ini.

2. Mesin Susah Menyala

Tanda-tanda motor turun mesin kedua dalah sulitnya mesin untuk dinyalakan, hal ini yang dapat menjadi indikasi habisnya atau menurunnya kualitas oli mesin. Oli mesin yang berfungsi sebagai pelumas untuk komponen mesin sangat penting.

Jika kualitasnya menurun, dapat menyebabkan gesekan berlebih dan potensi kerusakan pada mesin.

3. Tenaga Motor Berkurang

Penurunan tenaga motor dapat disebabkan oleh menurunnya kompresi mesin. Kompresi mesin, yang dihasilkan oleh pergerakan piston, berperan penting dalam menghasilkan tenaga. Turunnya kompresi akan langsung mempengaruhi performa mesin.

BACA JUGA: Kiat Mudah Merawat Baterai Motor Listrik Agar Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak, Catat ya

Sumber: