Tanda Air Fryer Perlu Diganti, Perhatikan Beberapa Hal Berikut untuk Mencegah Kerusakan Lebih Parah

Tanda Air Fryer Perlu Diganti, Perhatikan Beberapa Hal Berikut untuk Mencegah Kerusakan Lebih Parah

PERHATIAN - Tanda Air Fryer Perlu Diganti dengan yang baru--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Jika Anda tidak mengetahui kapan saat mengganti air fryer, maka simak artikel ini. Tanda air fryer perlu diganti dengan yang baru supaya terhindar dari dampak buruk saat menggunakannya.

Melihat penggunaan memasak dengan air fryer saat ini yang semakin marak dan digemari masyarakat, tentu penting juga untuk mewaspadai tanda air fryer perlu diganti. Jika sudah menemukannya, tentu sangat disarankan untuk segera menggantinya.

Salah satu ciri tanda air fryer perlu diganti dengan yang baru tentunya erat kaitannya dengan pemakaian yang sudah lebih dari waktu normal. Air fryer yang sering digunakan memasak bahan yang berlemak juga dapat menyebabkan sparepart menjadi cepat kotor dan rusak.

Selain itu, tanda air fryer perlu diganti juga mungkin terjadi karena perawatan yang tidak benar. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui supaya cepat mengenali kerusakannya.

BACA JUGA: Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer

Beberapa tanda air fryer perlu diganti:

1. Desain Anti Lengket yang Mulai Rusak

Anti lengket yang terkelupas dapat menurunkan kinerja air fryer untuk memasak. Karena anti lengket pada air fryer berguna mencegah makanan lengket pada keranjang.

Jika lapisan anti lengket terkelupas maka makanan akan lengket menempel dan sulit untuk dibersihkan. Selain itu potongan lapisan anti lengket dapat mengelupas dan masuk ke dalam makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan memburuk.

2. Muncul Percikan Api

Tanda air fryer perlu diganti yaitu apabila menggunakan air fryer muncul percikan api. Atau hal lainnya seperti muncul bau terbakar, mengeluarkan asap ataupun masalah listrik apapun. Untuk itu segera cabut steker pada air fryer Anda.

Air fryer yang muncul tanda seperti itu memungkinkan adanya kabel atau perangkatnya yang terbakar. Sehingga untuk mencegah dampak yang lebih besar seperti kebakaran, segera ganti atau perbaiki air fryer Anda.

BACA JUGA: Jangan Disepelekan! Begini Cara Merawat Air Fryer supaya Lebih Awet

3. Timbul Suara yang Tidak Biasa

Apabila saat menggunakan air fryer terdapat suara yang bising, kemungkinan pada bagian kipas di dalamnya terjadi kerusakan. Bahkan bisa terjadinya penumpukan makanan atau minyak di dalam air fryer.

Oleh karena itu jika tidak ingin terjadinya hal yang buruk, alangkah baiknya saatnya ganti air fryer Anda.

4. Kualitas Kinerja Air Fryer yang Menurun

Salah satu tanda yang paling umum, yakni tombol-tombol tidak berfungsi, pengatur waktu yang berubah dengan sendirinya, dan tombol tidak merespons. Jika terdapat hal-hal tersebut, segera upgrade air fryer Anda.

5. Suhu Tidak Konsisten

Kerusakan pada air fryer dapat menyebabkan alat ini menjadi terlalu panas. Suhu saat memasak berganti dengan sendirinya dapat mempengaruhi pada kualitas dan efisiensi masakan Anda.

BACA JUGA: 4 Cara Memilih Air Fryer Low Watt Terbaik yang Tepat dan Gak Bikin Kantong Kering

Kesimpulan

Demikian beberapa tanda air fryer perlu diganti dengan yang baru. Namun apabila masih bisa diservis dengan biaya yang murah, sebaiknya lakukan servis terlebih dahulu. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: