Jangan Disepelekan! Begini Cara Merawat Air Fryer supaya Lebih Awet

Jangan Disepelekan! Begini Cara Merawat Air Fryer  supaya Lebih Awet

Jangan Disepelekan! Begini Cara Merawat Air Fryer supaya Lebih Awet--

RADAR TEGAL- Air fryer telah menjadi peralatan dapur yang populer karena kemampuannya menghasilkan makanan yang renyah dan lezat dengan menggunakan sedikit atau tanpa minyak. Agar tetap awet dan efisien, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat Air Fryer.

Seperti barang elektronik pada umumnya, tidak cukup Anda membeli saja, Anda juga bertanggung jawab untuk tahu cara merawat Air Fryer supaya perabotan yang Anda beli tersebut  dapat Anda pakai dalam jangka waktu lama

Apabila anda tahu cara merawat air fryer dan mempraktekannya tentu selain memberikan manfaat jangka panjang dalam hal kinerja, Anda juga mendapatkan  keamanan, dan kualitas makanan yang dihasilkan.

Nah, apa saja cara merawat air fryer agar  bisa tetap awet selama bertahun-tahun?

BACA JUGA:5 Tips Memilih Air Fryer dengan Kualitas Terbaik Memberikan Cita Rasa Makanan Sesuai Selera

1. Pembersihan Rutin

Lakukan pembersihan rutin setelah setiap penggunaan untuk menghindari penumpukan minyak dan residu makanan. Akumulasi lemak dan minyak yang tidak dibersihkan dengan baik dapat meningkatkan risiko kebakaran atau asap yang tidak diinginkan.

Pembersihan rutin membantu mencegah kerusakan perangkat dan memperpanjang umur pakainya. Beberapa bagian air fryer mungkin rentan terhadap korosi atau kerusakan jika terkena sisa-sisa makanan atau lemak dalam jangka waktu yang lama.

Cara membersihkannya Anda dapat gunakan sikat atau spons yang sesuai dengan material fryer untuk membersihkan bagian dalam dan luar fryer. Atau Anda juga bisa menggunakan kain lembut yang dibasahi untuk membersihkan bagian luar air fryer secara teratur. Ini membantu menjaga penampilan perangkat dan mencegah kotoran menempel pada permukaannya.

2. Cabut Kabel Air Fryer Saat Tidak Digunakan

Mencabut kabel di saat perangkat tidak digunakan merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain untuk menghemat listrik, mencabut kabel juga bisa meringankan kerja dari Air Fryer itu sendiri.

BACA JUGA: Perbedaan Air Fryer dan Oven yang Harus Kamu Tahu, Manakah yang Lebih Bagus?

Ketika kabel masih tersambung listrik, Air Fryer berada dalam posisi tidak mati total. Air Fryer akan tetap aktif dan terus menerus bekerja meski tidak sedang

3. Periksa Air Fryer Secara Rutin  dan Menyimpennya dengan Baik

Perangkat elektronik yang lama tidak digunakan biasanya akan mengalami beberapa kendala saat ingin dipakai. Air Fryer merupakan salah satu jenis perangkat elektronik. Oleh karena itu, perlu untuk mengecek secara berkala untuk mengetahui apakah perangkat masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mendeteksi potensi kecelakaan atau kerusakan. Perbaiki atau ganti bagian yang rusak segera.

Apabila Air Fryer tidak digunakan, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang bersih dan kering. Jika memungkinkan, simpan kabel daya dengan rapi agar tidak terjepit atau rusak.

Sumber: