Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Sebaiknya Hindari Melakukan Hal Ini

Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan, Sebaiknya Hindari Melakukan Hal Ini

PERHATIAN - Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan yang perlu anda ingat--(sumber foto pinterest)

RADAR TEGAL - Bahaya air fryer untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Meski air fryer mempunyai beberapa kelebihan yang dapat memudahkan dalam aktivitas memasak. Namun, air freyer juga mempunyai kekurangan, antaranya dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Jadi, sebelum membeli atau sebagai pengguna  kamu harus mengetahui apa saja bahaya air fryer untuk kesehatan dalam jangka panjang. Sebab itu Anda harus selalu waspada dalam menggunakannya.

Menggunakan air fryer betul adanya dapat mengurangi asupan lemak dari minyak goreng. Namun ternyata ada bahaya bagi kesehatan juga.

Ada begitu banyak kegunaan dari perangkat dapur ini. Namun, Anda tidak boleh lupa akan bahaya air fryer untuk kesehatan yang mungkin akan muncul dikemudian hari.

Lebih lanjut, mari simak pembahasan tentang bahaya air fryer untuk kesehatan. Perhatikan artikel di bawah ini sampai selesai ya Bunda.

BACA JUGA: Benarkah Menggoreng dengan Air Fryer Lebih Sehat? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer

Bahaya untuk kesehatan

Berdasarkan penelitian, bahwa resiko yang timbul dari penggunaan air fryer untuk kesehatan disebabkan dari adanya reaksi kimia antara suhu tinggi dan bahan makanan. Karena memang, air fryer mampu untuk memanaskan makanan dengan mengalirkan udara panas dengan suhu 150 derajat hingga 200 derajat.

1. Hasil Makanan AIr Fryer

Memasak dengan air fryer memang tidak menjamin makanan lebih sehat. Meskipun makanan yang diolah dengan air fryer tidak menggunakan minyak, sehingga mengurangi angka kolesterol.

Namun, mengganti semua makanan yang digoreng dengan minyak menggunakan air fryer tidak menjamin pola makan yang sehat. Lebih lanjut untuk kesehatan yang lebih optimal, kamu harus perbanyak memakan sayuran dan buah-buahan.

Selain itu juga bisa memperbanyak biji-biian hingga protein dan lemak. Memasak menggunakan air fryer juga memerlukan waktu yang lebih lama daripada menggoreng dengan minyak.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Air Fryer Low Watt Terbaik, Listrik Hemat Masakan Terasa Lezat

2. Kesehatan Memburuk

Bahaya air fryer untuk kesehatan antaranya, jika kamu terlalu sering memakai air fryer untuk mengolah makanan, pasti akan ada efek kesehatan yang terjadi. Karena itu, perlu untuk diatur mengenai mengolah makanan, seperti membuat makanan yang direbus.

Selain itu, kandungan kimia yang ada pada air fryer juga dapat menghambat metabolisme dalam tubuh. Dan makanan yang digoreng dengan menggunakan alat ini tidak menjamin diet anda akan sukses.

3. Produksi Senyawa Berbahaya

Terdapat senyawa berbahaya yang diproduksi oleh air fryer, di mana air fryer memunculkan reaksi bernama reaksi Maillard. Reaksi ini terjadi pada gula dan asam amino yang dipicu panas.

 

Makanan yang diolah dengan menggunakan air fryer pastinya akan berwarna kecoklatan dengan tekstur yang renyah. Hal ini terjadi karena berasal dari reaksi tersebut.

BACA JUGA: Oven dan Air Fryer, Mana yang Lebih Worth It Untuk Dibeli?

Namun ternyata, reaksi Maillard dapat menyebabkan bahaya yaitu memicu produksi senyawa akrilamida dan polycylic aromatic hydrocarbon. Kedua senyama tersebut merupakan senyama karsinogen yang dapat memicu kanker.

Tapi memang kandungan polycyclic aromatic hydrocarbon akan lebih rendah untuk penggunaan air fryer. Daripada menggoreng dengan menggunakan minyak.

4. Memungkinkan Resiko Keracunan

Bahaya air fryer untuk kesehatan selanjutnya yaitu beresiko mengalami keracunan makanan. Salmonella merupakan bakteri pemicu keracunan makanan yang sering ditemui.

Terdapat beberapa cara memasak yang dibandingkan untuk menghilangkan salmonella pada potongan ayam. Beberapa cara memasak tersebut diuji coba, yaitu air fryer, menggoreng dengan minyak panas, oven pemanggang roti, dan oven biasa.

BACA JUGA: Harga Air Fryer Philips Watt Kecil dengan Fitur Canggih yang Pastinya Ramah Dikantong

 

Dari uji coba ini diketahui bahwa memasak dengan menggunakan air fryer dan oven menjadi metode yang buruk untuk menghilangkan salmonella. Justru menggoreng dengan menggunakan minyak panas lebih efektif dalam mematikan bakteri tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal tentang bahaya air fryer untuk kesehatan. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air fryer, Anda tetap bisa menggunakannya asal dengan batas yang sewajarnya. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: