Mitos Atau Fakta Air Fryer Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Penjelasan Lengkapnya

Mitos Atau Fakta Air Fryer Bisa Menyebabkan Kanker? Ini Penjelasan Lengkapnya

Apakah Air Fryer Bisa Menyebabkan Kanker?--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas tentang kabar yang beredar jika air fryer bisa menyebabkan kanker dan resiko kesehatan lainnya. Namun, apakah benar jika air fryer bisa berbahaya bagi kesehatan.

Air fryer menjadi salah satu alat memasak yang menjadi kesukaan ibu rumah tangga karena mudah untuk digunakan. Namun, seiring dengan kepopulerannya, apakah benar air fryer bisa menyebabkan kanker?

Banyak yang penasaran, apakah air fryer bisa menyebabkan kanker itu hanya mitos atau memang fakta. Karena semenjak kemunculannya, air fryer dinilai dapat membuat makanan lebih sehat, apalagi bisa memasak tanpa memakai minyak goreng.

Untuk mengetahui kejelasan apakah air fryer bisa menyebabkan kanker atau tidak. Kamu bisa membaca artikel ini sampai selesai ya, karena pastinya informasi ini akan sangat bermanfaat untuk kamu ketahui.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Air Fryer agar Makanan Jadi Lebih Enak, Perhatikan Suhu dan Waktu Memasak

Air fryer memang sangat mudah untuk digunakan dan menghasilkan makanan yang renyah, krispi, dan rendah lemak. Karena itulah banyak yang memilih untuk menggunakan air fryer sebagai alat memasak di dapur.

Produk ini juga semakin berkembang dan tidak hanya bisa digunakan untuk menggoreng saja. Namun, kamu bisa memakai alat ini untuk memasak menu lain dan motede lain, seperti memanggang dan memanaskan makanan.

Apakah air fryer bisa menyebabkan kanker?

Air fryer bekerja dengan memakai sirkulasi udara panas hingga 200 derajat celcius. Produk tersebut bisa untuk menggoreng makanan bahkan tanpa minyak sekalipun, jika butuhpun, minyak akan digunakan sedikit saja agar tidak lengket.

Dibalik kemudahannya, ternyata air fryer memiliki waktu memasak yang lebih lama. Dan hal inilah yang menjadi kekhawatiran mengenai dugaan air fryer bisa menyebabkan kanker.

BACA JUGA: Rekomendasi Air Fryer 1 Jutaan Terbaik dengan Fitur Canggih, Bisa Masak Berbagai Hidangan Sehat dan Enak

Waktu memasak yang lebih lama pada dasarnya menyebabkan terbentuknya karsinogen yang lebih besar. Karsinogen merupakan zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

National Cancer Institute juga mengatakan jika menggoreng dengan air fryer bisa menghasilkan senyawa akrilamida, hidrokarbon polisiklik, dan heterosiklik amina. Senyawa tersebut mempunyai hubungan dengan resiko tumbuhnya kanker.

Selain air fryer bisa menyebabkan kanker, produk ini juga dinilai tidak menjamin diet sehat meskipun dapat menggoreng tanpa minyak. Mengganti semua makanan di goreng dengan menggunakan air fryer, tidak menjamin diet sehat.

Sumber: