8 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Tetap Awet, Salah Satunya Hindari Deep Discharge

8 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Tetap Awet, Salah Satunya Hindari Deep Discharge

Wajib lakukan hal ini! Ini tips merawat baterai laptop biar laptop barumu nggak gampang rusak dan lebih awet.--

Pengisi daya yang tidak original juga bisa menyebabkan arus listrik tidak stabil yang mengganggu kinerja laptop. Karena itu, sebaiknya gunakan pengisi yang original dan aman.

4. Perhatikan Kondisi Suhu Lingkungan


Suhu yang ekstrem baik terlalu panas maupun terlalu dingin dapat memengaruhi kinerja baterai laptop. Suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan baterai menggelembung atau meledak, sedangkan suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan baterai kehilangan daya.

Jauhkan laptop dari paparan sinar matahari langsung dan hindari penggunaan laptop di tempat yang terlalu panas. Suhu optimal untuk baterai laptop biasanya berkisar antara 20-25 derajat celsius.

5. Matikan Fitur-fitur yang Tidak Diperlukan


Matikan fitur seperti bluetooth, Wi-Fi, dan keyboard backlight ketika tidak digunakan. Fitur-fitur ini dapat menguras daya baterai secara signifikan. Selain itu, kurangi tingkat kecerahan layar ketika tidak diperlukan.

6. Aktifkan Mode Hemat Daya
Laptop

Mode ini akan mengoptimalkan penggunaan daya sistem dan dapat memperpanjang masa pakai baterai. Sesuaikan pengaturan daya pada sistem operasi laptop agar sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2024, Fitur-fitur Canggihnya Bikin Mabar Semakin Seru

7. Lakukan Kalibrasi Berkala


Kalibrasi baterai adalah proses mengukur ulang kapasitas sebenarnya baterai. Lakukan kalibrasi setidaknya satu atau dua bulan sekali dengan cara mengisi daya baterai hingga penuh, lalu gunakan laptop sampai baterai hampir habis dan isi ulang lagi.

8. Cabut Periferal yang Tidak Digunakan


Periferal adalah perangkat tambahan yang dihubungkan ke laptop seperti mouse, printer, webcam, dan lainnya. Periferal ini bisa menguras daya baterai laptop jika tidak dicabut saat tidak digunakan. Sebaiknya lepaskan atau cabut periferal yang tidak digunakan dari laptop untuk menghemat baterai.

Demikian 8 tips merawat baterai laptop yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kerusakan sehingga dapat berumur panjang. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: