8 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Tetap Awet, Salah Satunya Hindari Deep Discharge

8 Tips Merawat Baterai Laptop Supaya Tetap Awet, Salah Satunya Hindari Deep Discharge

Wajib lakukan hal ini! Ini tips merawat baterai laptop biar laptop barumu nggak gampang rusak dan lebih awet.--

RADAR TEGAL - Penggunaan laptop saat ini memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, mulai dari menunjang pekerjaan, sekolah, hingga aktivitas lainnya.  Karena itu, artikel ini akan membahas tentang tips merawat baterai laptop agar tetap optimal.

Baterai menjadi salah satu komponen krusial untuk mendukung kinerja dan mobilitas laptop. Namun, baterai laptop juga komponen yang rentan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. Jadi, pastikan kamu melakukan beberapa tips merawat baterai laptop dengan baik ya.

Cara agar baterai laptop kamu bisa lebih awet, perlu adanya perhatian dan perawatan yang baik. Berikut ini radartegal.disway.id memberikan tips merawat baterai laptop agar tahan lama dan tidak cepat rusak.

8 tips merawat baterai laptop

1. Jangan Biarkan Baterai Habis Total (Deep Discharge)


Deep discharge atau penggunaan baterai hingga benar-benar habis, dapat merusak baterai laptop yang mengakibatkan kapasitas baterai berkurang.

BACA JUGA: Tips Memilih Laptop Baru yang Worth It Sesuai Kebutuhanmu, Jangan Tertipu dengan Harga Murah

Hal ini disebabkan oleh fenomena memory effect yang membuat baterai kehilangan kemampuan menyimpan daya secara optimal. Oleh sebab itu, hindari melakukan deep discharge secara berkala dan sebaiknya isi ulang baterai saat tingkat daya mencapai sekitar 20-30%.

2. Hindari Overcharging


Mengisi baterai laptop terus-menerus saat sudah mencapai 650 atau overcharging dapat mempercepat penuaan baterai. Hal ini karena arus listrik yang terus mengalir ke baterai bisa menyebabkan panas berlebih yang merusak komponen baterai.

Pastikan untuk mencabut pengisi daya setelah baterai mencapai tingkat penuh. Sebagian laptop modern memiliki fitur pengisian otomatis yang dapat membantu menghindari overcharging.

3. Gunakan Pengisi Daya Original


Pengisi daya yang original atau bawaan pabrikan laptop biasanya sudah disesuaikan dengan spesifikasi baterai laptop. Jika menggunakan pengisi daya yang tidak original atau palsu, maka laptop berisiko mengalami lonjakan arus listrik yang bisa merusak baterai.

BACA JUGA: Keunggulan iPad Air 5, Performa Prosesornya yang Powerful Cocok untuk Pengganti Laptop

Sumber: