Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka 2 Gelombang

Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal Dibuka 2 Gelombang

PENDAFTARAN - Sejumlah warga mendaftar pengawas TPS Pemilu 2024 di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, Selasa 2 Januari 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Pendaftaran pengawas tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 mulai dibuka, Selasa 2 Januari 2023. Sejumlah warga mulai datang untuk melamar.

Pendaftaran pengawas TPS Pemilu 2024 dibuka dua gelombang. Untuk gelombang satu dimulai pada 2-6 Januari 2024. Sedangkan gelombang dua pada 7-8 Januari 2024.

Salah satu pendaftar asal Desa Penyalahan, Wiwit, mengaku berminat menjadi pengawas TPS Pemilu 2024 untuk menambah pengalaman.

"Saya menginginkan pada saat pemilihan bisa berlangsung tertib dan lancar serta masyarakat bisa menghadiri undangan pemilu sesuai TPS-nya masing masing," ujarnya usai mendaftar sebagai pengawas TPS Pemilu 2024.

BACA JUGA:Perjalanan Pesta Demokrasi Dirangkum dalam Buku Jejak Pengawas Pemilu di Kota Bahari

Dari pantauan, tidak sedikit warga yang mendaftar untuk menjadi pengawas TPS Pemilu 2024 tersebut. Seperti terlihat di Kantor Sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal.

"Banyak warga yang langsung datang ke sini untuk mengambil formulir pendaftaran," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Jatinegara, Noval, Selasa 2 Januari.

Menurut Noval, gelombang dua pendaftaran pengawas TPS Pemilu 2024 itu bisa dilakukan apabila di gelombang satu kuota pendaftar tidak terpenuhi. Disebutkan, jumlah pengawas TPS Pemilu untuk wilayah Kecamatan Jatinegara dibutuhkan sebanyak 202 orang.

"Alhamdulillah pada awal pendaftaran antusias warga untuk menjadi pengawas pemilu cukup baik karena di masing masing desa sudah ada yang melamar, berkas pelamar akan di verifikasi oleh Panwaslu Bidang SDM dan akan diumumkan pada 10 Januari 2024," kata Noval.

BACA JUGA:Baliho Pemilu 2024 Damai Tanpa Hoaks dan Golput Terpasang di Pinggir Jalan Kota Tegal

Dia mengemukakan, setelah diverifikasi oleh bidang SDM Panwaslu dan dianggap lolos, maka akan ada juga tes wawancara untuk pendaftar pengawas TPS Pemilu 2024 yang dilaksanakan pada 11-17 Januari 2024.

Sejauh ini, Noval mengaku mengalami kendala untuk peserta pendaftar pengawas TPS Pemilu 2024, yakni di Dukuh Karangsari Desa Wotgalih. Karena lokasinya sangat jauh dan harus melewati hutan.

"Di situ nanti ada dua TPS. Kalau ada yang mendaftar, langsung dilakukan tes wawancara," ujarnya.

Demikian informasi terkait pendaftaran pengawas TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: