Perjalanan Pesta Demokrasi Dirangkum dalam Buku Jejak Pengawas Pemilu di Kota Bahari

Perjalanan Pesta Demokrasi Dirangkum dalam Buku Jejak Pengawas Pemilu di Kota Bahari

-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KOTA TEGAL - Berbagai peristiwa pelaksanaan Pemilihan Umum di Kota Tegal dirangkum dalam buku Jejak-jejak Pengawas Pemilu di Kota Bahari. 

Buku itu, disusun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai literasi terkait pesta demokrasi yang terjadi sejak 2004 silam hingga sekarang.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Akbar Kusharyanto mengatakan, melalui buku itu, diharapkan dapat memberikan gambaran pelaksanaan pemilu di Kota Bahari. Selain itu, juga untuk mengetahui perjalanan transformasi pengawas pemilu dan personelnya.

“Kita kumpulkan semua dokumen dan data-data sejarah pengawasan pemilu yang terpisah-pisah dan kemudian dirangkum menjadi sebuah buku," katanya.

Dengan begitu, kata Akbar, diharapkan masyarakat, utamanya generasi penerus bisa mengetahui siapa saja yang pernah terlibat dalam sejarah pengawasan pemilu. Selain itu, buku itu, disusun untuk memberikan literasi kepada publik.

"Tentunya, harapan kami buku itu bisa dan layak untuk menjadi sumber referensi tentang kepemiluan dan pengawasan di Kota Tegal," tandasnya.

Tidak hanya itu, imbuh Akbar, buku itu juga bentuk apresiasi Bawaslu Kota Tegal, terhadap rekan-rekan pengawas periode sebelumnya. Sebab, rekam jejak patut untuk ditulis dan diabadikan melalui buku.

"Kita ceritakan semua kiprah hingga peran pengawas. Buku ini juga mewakili kehadiran Bawaslu yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi,” tandasnya. (muj/ima)

Sumber: radartegal.com