Dampingi Wapres Ma'ruf Amin, Pj Gubernur Jateng Temukan Hal Ini di Pasar Johar Semarang

Dampingi Wapres Ma'ruf Amin, Pj Gubernur Jateng Temukan Hal Ini di Pasar Johar Semarang

DAMPINGI WAPRES- PJ Gubernur Jateng Nana Sudjana mendampingi Wapres Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Pasar Johar Selatan Kota Semarang hari ini.-Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Mendampingi Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin memantau harga bahan pokok di Pasar Johar Selatan, Kota Semarang, Kamis, 28 Desember 2023, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menemukan sesuatu.

Nana dan Wapres Ma'ruf Amin menemukan sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga. Hal ini disebabkan oleh pengaruh iklim, kekeringan, dan fenomena el-nino. 

Selain itu, dampak kekeringan mengakibatkan  produksi komoditas berkurang. Hal itu memicu kenaikan harga sembako seperti yang dia lihat saat mendampingi kunjungan Wapres Ma'ruf Amin.

Meski demikian, lanjut dia, persediaan pangan di Jawa Tengah dipastikan masih aman. Hal itu Nana tegaskan di hadapan Wapres Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:Soroti Kasus Pinjaman Online dalam Debat, Cawapres Mahfud: Ada yang Pinjam Rp500 Ribu Tagihannya Rp240 Juta

Diketahui, rombongan Wapres Ma'ruf Amin didampingi PJ Gubernur Jateng tiba di Pasar Johar sekira pukul 10.15 WIB. Di pasar tradisional itu, Ma'ruf Amin meninjau harga bahan pokok seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kentang, dan lainnya. 

Wapres Ma'ruf Amin dan Pj Gubernur Jateng juga sempat berdialog dengan sejumlah pedagang di pasar. Dari dialog tersebut lah diketahui bahwa sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan harga. 

Meskipun demikian, sejumlah pedagang bercerita bahwa untuk pasokan barang selalu cukup dan terpenuhi.  

Nana Sudjana mengatakan, walaupun harga sembako sempat naik, namun dalam satu bulan terakhir harga-harga beberapa bahan pokok sudah mulai turun. 

BACA JUGA:Fatwa MUI soal Boikot Produk Israel Direspon Wapres Ma'ruf Amin: Harus Pemerintah yang Menyeleksi

Sejumlah komoditas yang harganya mulai turun misalnya cabai dan gula. 

"Cabai sempat di angka Rp90 ribu, tadi sudah di angka Rp69 ribu. Untuk harga beras sudah Rp13 ribu per kilogram, itu yang medium. Untuk (beras) yang premium masih sekitar Rp14 ribu," beber Nana. 

Sumber: