Ketahui Cara Merawat AC Portable Supaya Tetap Awet, Mudah Banget dan Praktis

Ketahui Cara Merawat AC Portable Supaya Tetap Awet, Mudah Banget dan Praktis

Cara Merawat AC Portable Supaya Tetap Awet --

RADAR TEGAL – AC Portable merupakan salah satu jenis AC yang dapat digunakan untuk mendinginkan sebuah ruangan yang mudah dipindah-pindah sesuai keinginan dan kebutuhan. Cara merawat AC portable ini juga terbilang mudah.

Karenanya, masyarakat yang memiliki AC semacam ini bisa mempraktikkan sendiri cara merawat AC portable di rumah. Dengan melakukannya sendiri, tentu menjadi lebih hemat biaya.

Selain itu, rutin melakukan perawatan sesuai cara merawat AC portable yang benar tentu membuat perangkat AC yang kita miliki menjadi awet dan tidak mudah rusak. Karenanya, informasi ini wajib disimak sampai akhir, terutama untuk yang memilikinya di rumah.

Apa saja cara merawat AC portable yang benar, berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Cuaca Panas, Ini Rekomendasi AC Mini Portable Terbaik dan Murah yang Cocok untuk Dinginkan Ruangan

Saat ini, banyak masyarakat menggunakan AC Portable karena mudah dipindahkan sehingga bisa digunakan di ruangan manapun yang diinginkan. Nah, apabila kita memiliki AC Portable, pastikan untuk merawatnya dengan tepat dan benar supaya bisa digunakan lebih lama.

 

Cara merawat AC portable 

 

1. Bersihkan AC Portable secara Rutin

Tahukah kamu bahwa dengan membersihkan AC Portable secara rutin maka bisa terbebas dari debu dan kotoran. Sebelum kamu bersihkan, maka pastikan bahwa AC portable Anda telah dimatikan, ya.

Kemudian, cabut stekernya dari stopkontak supaya tidak terdapat aliran listrik yang masuk ke AC. Cara merawat AC portable yang ini tidaklah sulit.

Kamu hanya cukup menggunkaan kain lap yang sudah diberi sedikit air supaya agak lembap lalu seka badan Ac Portable. Setelah diseka dengan kain lap lembap, seka badan AC Portable dengan kain lap kering yang lembut untuk mencegah goresan.

Perlu dipahami, ketika dalam proses membersihkan AC Portable, kita tidak boleh mengunakan cairan berupa minyak tanah, bensin, alkohol, serta cairan pembersih lainnya, ya.

BACA JUGA: 4 Merk AC Portable Terbaik dan Terlaris, Pilihan Favorit Warga +62

2. Bersihkan Filter AC Portable

Membersihkan filter atau seringan udara AC portable merupakan hal penting yang harus dilakukan supaya AC portable tetap bisa mengeluarkan udara dingin dan sejuk. Nah, untuk membersihkan saringan udara pada AC Portable, kita hanya perlu melepas saringan udara tersebut dan bersihkan dengan penyedot debu atau vacuum cleaner.

Apabila saringan udara pada AC Portable sangat kotor, maka rendam ke dalam air hangat kemudian bilas hingga beberapa kali. Setelah saringan udara direndam, selanjutnya keringkan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan, ya.

Pastikan juga saringan udara benar-benar kering sebelum Anda memasangnya kembali  ke  tempatnya. Cara merawat AC portable ini sangat mudah kan. 

Setelah mengetahui cara merawat AC portable yang benar, memilih perangkat AC yang tepat juga perlu dilakukan jika ingin mendapatkan AC portable yang awet. Karenanya tips memilih AC portable ini juga wajib kamu simak.

BACA JUGA:Tips Membeli AC yang Tahan Lama dan Bagus, Beberapa Hal Ini Wajib Diperhatikan

Tips Memilih AC Portable

Ketika ingin membeli AC Portable maka perlu perhatikan merknya. Diketahui, merk AC portable kini semakin banyak.

Namun, disarankan untuk Anda memilih AC Portable yang merknya sudah terkenal. Merk yang sudah terkenal biasanya memiliki kualitas lebih baik sehingga banyak dipercaya oleh masyarakat.

Selain itu, kita juga perlu memperhatikan detail produk yang akan kita beli mengingat masing-masing produk ini memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Adapun untuk spesifikasi yang dimaksud tersebut di antaranya kapasitas PK, konsumsi listrik, dan masih banyak lagi lainnya.

Kita juga perlu mempertimbangkan mengenai fitur tambahan yang terdapat di produk. Jadi, ada baiknya jika kamu memilih AC portable yang dilengkapi dengan fitur pembersih udara dan juga penghilang bau tidak sedap.

BACA JUGA:Rekomendasi AC 3/4 PK Low Watt Murah Berkualitas, Rasakan Kesejukan Tanpa Tagihan Listrik yang Berat

Hal ini disarankan karena menyangkut kesehatan dan juga kenyamanan saat berada dalam ruangan. Kemudian pertimbangkan pula aktivitas kita.

Maksudnya adalah apakah terdapat kemungkinan nantinya Anda akan sering menyalakan AC lalu mematikannya lagi atau tidak. Atau dalam skenario lain, apakah nanti kita akan sering membuka dan menutup pintu atau tidak.

Jika memang ada kemungkinan untuk melakukan hal ini, sebaiknya pilih AC portable yang low watt saja. Umumnya, semakin kecil kapasitas PK maka semakin rendah pula konsumsi listriknya.

Demikian ulasan mengenai cara merawat AC Portable. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: