Jadi Penguasa di Pasar Otomotif, Intip Sederet Kendaraan Hybrid Toyota

Jadi Penguasa di Pasar Otomotif, Intip Sederet Kendaraan Hybrid Toyota

Kendaraan Hybrid Toyota --

RADAR TEGAL – Belakang ini,  penggunaan mobil listrik khususnya Hybrid di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk menjada lingkungan dan mengurangi emisi gas buang.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil Hybrid baik Hybrid electric vehicle (HEV) ataupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga kini masih mendominasi  pasar mobil listrik di Indonesia tahun 2023.

Hal tersebut bisa Anda lihat dari tingginya angka penjualan mobil Hybrid yakni 41.571 unit atau 77,8 persen dari total penjualan kendaraan listrik keseluruhan pada periode Januari hingga Oktober 2023.

Dari jajaran kendaraan Hybrid, PT Toyota Astra Mandiri (TAM) masih memimpin penjualan pada sektor tersebut yakni mencapai 29.183  unit.

BACA JUGA: Alasan Kenapa Toyota Fokus ke Mobil Hybrid, Salah Satunya sebagai Strategi

Adanya keberhasilan Toyota dalam memimpin persaingan di pasar kendaraan Hybrid juga disinyalir berkat kuailtas produk kendaraan yang Mereka hasilkan.

Kendaraan Hybrid Toyota

1. Toyota Innova Zenix Hybrid

Toyota Innova Zenix Hybrid merupakan salah satu kendaraan HEV unggulan dari Toyota yang mampu menarik perhatian besar masyarakat.

Hal tersebut tebukti dari tingginya antusiasme terhdap kepemilikan mobil tersebut.

Data dari Gaikindo menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix HEV jadi kendaraan hybrid paling laris pada periode Januari hingga Oktober 2023 dengan total epnjualan capai 21.492 unit.

Mobil Kijang generasi 7 tersebut begitu digemari karena mempunyai sejumlah kelebihan salah satunya yakni dibekali dengan teknologi terbaru dan sistem transmisi 10-Speed Direct Shift CVT beserta mesin 2.0L TNGA.

Adanya keberadaan teknologi tersebut menjadi penegasan bahwa Kijang Innova Zenix di Indonesia ini telah mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA-C).

BACA JUGA: Pamer Keunggulan dan Peforma Luar Biasa, All New Toyota Rush Hybrid Minim Emisi dan Ramah Lingkungan

Apabila dilihat secara spesifik, mobil yang satu ini dibekali dengan mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS 4 cylinders, in-line 16-Valve DOHC, dan Chain Drive Dual VVT-i.

Dengan mesin tersebut, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid diklaim mampu melepaskan tenaga hingga 174 horse power (HP) dengan torsi maksimum 20,9 Nm.

Kemudian, untuk baterai kendaran dengan mesin berkapasitas 1987 cc dan transmisi CVT ini mengusung baterai Hybbrid Ni-MH.

BACA JUGA: Spesifikasi New Fortuner Hybrid 2024, Torsi Mesin Lebih Besar Tapi Lebih Irit Bahan Bakar

2. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid ini merupakan salah satu kendaraan Hybrid yang cukup diandalkan Toyota untuk pasar Indonesia.

Mobil ini juga sebagai sport utility vehicle (SUV) kompak yang menggabungkan mesin bensi 1.8 liter dengan motor listrik 53 kW.

Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 121 hp dan torsi maksimal 142 Nm.

Mobil yang satu ini cocok bagi Anda yang menginginkan mobil SUV dengan desain modern dan fitur canggih serta hemat bahan bakar.

BACA JUGA: Spesifikasi Toyota Innova Zenix Hybrid Dambaan Kelas Menengah, Simak Ulasannya!

3. Toyota Yaris Cross Hybrid

Mobil yang satu ini merupakan compact sport utility vehicle (SUV) yang juga masuk dalam jajaran kendaraan hybrid terbaik dari Toyota.

Diketahui penjualan Toyota Yaris Cross Hybrid ini mencapai 4.731 dari periode Januari hingga Oktober 2023.

Mobil listrik ini menggunakan mesin 2NR-VEX 4 silinder 1.5L yang menggunakan teknologi Dual VVT-i.

Mesin tersebut diketahui bisa menghasilkan tenaga maksimal 110 hp dan torsi maksimal 121 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk baterai, Toyota Yaris Cross Hybrid ini menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 4,3 kilowatt hour (kWh).

Baterai ini mampu menyimpan energi yang dihasilkan oleh mesin dan motor listrik, serta mengisi  ulang saat pengereman regeneratif.

Adapun daftar mobil Hybrid Toyota lainnya seperti; All New Rav4 GR Sport PHEV dan Toyota C-HR Hybrid

BACA JUGA: Spesifikasi Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 Terbaru, Inilah Bukti Nyata Ketangguhannya!

Penutup

Hingga kini pengunaan mobil listrik makin menunjukan peningkatan seiringin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi emisi gas buang.

PT Toyota Asra diketahui masih memimpin penjualan pada sektor ini yakni mencapai 29.183 unit.

Adapun daftar mobil Hybrid Toyota meliputi; Toyota Innova Zenix Hybrid, Toyota Yaris Cross Hybrid, Toyota Corolla Cross Hybrid, All New Rav4 GR Sport PHEV, dan Toyota C-HR Hybrid.

BACA JUGA: All New Toyota Rush Generasi ke-3 Hybrid Terbaru, Ini Cara Kerjanya!

Demikian ulasan mengenai daftar mobil  listrik Hybrid Toyota. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: