Balon Gas Meledak di Bekasi saat Hari Guru Nasional, Korban Langsung Dilarikan ke Puskesmas

Balon Gas Meledak di Bekasi saat Hari Guru Nasional, Korban Langsung Dilarikan ke Puskesmas

BALON MELEDAK - Balon gas meledak di Bekasi saat peringatan Hari Guru Nasional.-Tangkapan Layar-peristiwa_bekasi

RADAR TEGAL - Peristiwa mengejutkan terjadi di Bekasi tepatnya di SDN 1 Cimuning Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, Sabtu 25 November 2023. Sejumlah balon gas meledak, menyambar para guru di dekatnya.

Video saat balon gas meledak pun viral di dunia maya. Kuat dugaan, peristiwa itu berawal saat para guru hendak menerbangkan balon gas warna-warni untuk merayakan Hari Guru Nasional.

Video yang dibagikan akun @peristiwa_bekasi itu menuliskan, pengirim video menjelaskan bahwa proses pelepasan balon untuk diterbangkan menggunakan korek api. Sehingga peristiwa balon gas meledak tidak bisa dihindari.

"Korban dilarikan ke puskesmas terdekat untuk menjalani perawatan," tulis akun tersebut.

BACA JUGA:Waspada, Ban Mobil Bisa Meledak Layaknya Bom saat Terpapar Cuaca Panas, Begini Cara Mencegahnya

Dalam video yang beredar, terlihat, beberapa guru mengenakan seragam PGRI tampak berkumpul di tengah lapangan yang dikelilingi murid-murid. Para guru mengelilingi (dari jarak dekat) balon gas warna-warna yang dipegang seorang guru.

Puluhan balon gas warna-warni terlihat di bagian tengahnya, siap untuk diterbangkan. Namun kejadiaan nahas terjadi. 

Saat hendak diterbangkan, balon gas tersebut meledak. Mengenai guru-guru yang mengelilinginya. 

Seorang guru terluka bakar dari insiden tersebut. Belum diketahui dengan pasti penyebab ledakan, ataupun isi gas pada balon.

BACA JUGA:4 Rumah di Pejagan Brebes Rusak Diduga Gara-gara Bahan Petasan Meledak

Namun diduga, penerbangan balon dilakukan dengan membakar tali pegangannya menggunakan korek api, sehingga memicu ledakan. 

Seorang guru yang paling dekat dengan balon terluka parah di bagian wajah. Tidak lama dari kejadian balon gas meledak, korban terlihat dibawa ambulance dengan kondisi hidung dan kepala yang tertutup dengan perban.

Mengenal balon gas

Dikutip dari Disway.id, ada 2 jenis gas yang biasanya digunakan untuk mengisi balon udara/balon gas. Pertama gas Helium (He) dan kedua gas Hidrogen atau Hydrogen  (H2). 

Sumber: