Waspada, Ban Mobil Bisa Meledak Layaknya Bom saat Terpapar Cuaca Panas, Begini Cara Mencegahnya

Waspada, Ban Mobil Bisa Meledak Layaknya Bom saat Terpapar Cuaca Panas, Begini Cara Mencegahnya

Waspada, Ban Mobil Bisa Meledak Layaknya Bom Saat Terpapar Cuaca Panas, Begini Cara Mencegahnya--Image By Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Cuaca yang sedang panas-panasnya ini sangat berdampak pada kesehatan mobil. Salah satunya ban mobil yang menjadi salah satu bagian terpenting pada mobil.

Ban mobil yang terbuat dari bahan karet ternyata memiliki titik putus layaknya sebuah balon yang kapan saja bisa meledak.

Simulasinya, jika ban mobil terus menerus terkena panas maka akan mengembang hingga menyentuh titik putusnya yang pada akhirnya bisa meledak.

Lantas bagaimana cara mencegah ban mobil agar tidak meledak di cuaca yang sedang panas-panasnya ini?

BACA JUGA:Cuman 10 Menit, Begini 10 Tips Mengganti Ban Mobil dengan Aman dan Cepat

Cara mencegah ban mobil tidak meledak

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menghindari ban kendaraan mobil Anda tidak meledak saat terpapar panas cuaca ini.

1. Memperhatikan tekanan angin ban

Hal yang pertama bisa Anda lakukan adalah memeriksa tekanan angin ban secara rutin untuk mencegah ban meledak. Tekanan angin yang ideal adalah antara 30 hingga 35 psi.

Perlu diperhatikan juga bahwa tekanan angin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ban meledak, terutama saat terpapar cuaca panas.

2. Memperhatikan berat muatan saat berkendara

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ban mobil memiliki batas muat maksimum dan tekanan tertinggi yang bisa ditampung.

BACA JUGA:Tips Perawatan Ban Mobil Kijang Innova yang Baik dan Benar, Solusi agar Terhindar Apes di Tengah Jalan

Ketika Anda membawa terlalu banyak barang berat, tekanan ban akan meningkat. Hal ini dapat menyebabkan ban meledak, terutama saat terpapar cuaca panas.

Sumber: