Era Baru Sistem Pembayaran Paylater di Hampir Semua Bank, Apakah Kartu Kredit Tersingkirkan?

Era Baru Sistem Pembayaran Paylater di Hampir Semua Bank, Apakah Kartu Kredit Tersingkirkan?

fenomena paylater sejatinya merupakan respons terhadap perubahan gaya hidup konsumen dan kebutuhan akan solusi finansial yang lebih cepat dan mudah. -(freepik | storyset)-

RADAR TEGAL - Keberadaan layanan paylater semakin meluas di dunia perbankan, dan sejumlah lembaga keuangan terkemuka, termasuk PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

(BMRI), kini turut meramaikan panggung dengan menghadirkan inovasi ini. Mereka tampaknya berusaha mengejar ketertinggalan dari para pemain teknologi finansial (fintech) seperti Gopay.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana masa depan transaksi kartu kredit yang kini semakin tersaingi oleh fenomena paylater?

Kartu kredit vs paylater

Menurut data dari Sistem Pembayaran dan Infrastruktur Pasar Keuangan (SPIP) Bank Indonesia yang dirilis pada Jumat, 17 November 2023, nilai transaksi kartu kredit pada bulan September 2023 mencapai Rp33,39 triliun. 

BACA JUGA:Cepat dan Mudah, Ini Cara mencairkan paylater Akulaku ke rekening Bank

Meskipun angkanya mengalami penurunan sebesar 2,85% secara bulanan, namun secara tahunan, terjadi peningkatan sebesar 20,02%.

Jumlah transaksi kartu kredit sendiri mencapai 33,36 juta pada September 2023, turun dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 33,87 juta transaksi. Meski demikian, angka ini tetap menunjukkan kenaikan sebesar 16,56% secara tahunan.

Doddy Ariefianto, seorang pengamat perbankan dari Binus University, menyatakan bahwa bisnis kartu kredit masih menyimpan potensi yang besar bagi perbankan. 

Dalam situasi perekonomian Indonesia yang terus berkembang, penerbit kartu kredit berlomba-lomba menyusun strategi guna memenuhi kebutuhan nasabah yang terus berubah.

BACA JUGA:5 Bank yang Memiliki Fitur Paylater Bunga Rendah Selain BCA, Limit Pinjamannya Sampai Ratusan Juta

Salah satu langkah signifikan dilakukan oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), yang berencana meluncurkan fitur paylater melalui aplikasi OCTO Mobile pada bulan April 2024. Sementara itu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 

(BBNI) juga tidak ketinggalan, dengan rencana peluncuran fitur paylater di aplikasi BNI Mobile Banking pada awal tahun 2024.

Bank yang pertama melakukan sistem paylater

Sumber: