Terlanjur Galbay Shopee Pinjam, Ini 3 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Aman

Terlanjur Galbay Shopee Pinjam, Ini 3 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Aman

Galbay Shopee Pinjam Ternyata Masih Bisa Aman Selama Tidak Melakukan 2 Hal Ini--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Radartegal.id - Seperti yang sudah diketahui, Shopee merupakan platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan pinjaman. Namun bagaimana jika kita mengalami galbay Shopee Pinjam?

Galbay atau gagal bayar adalah hal yang umum terjadi di kalangan pengguna paylayer maupun pinjaman online. Galbay ini merupakan kondisi dimana peminjam sudah tidak mampu membayar tagihan pinjaman yang harus dibayar perbulan.

Biasanya jika kedapatan galbay, peminjam akan dikenakan denda berupa biaya tambahan. Adapula bunga yang nanti akan terus bertambah sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Namun untuk galbay Shopee Pinjam masih bisa aman selama kita bisa menghindari beberapa hal tertentu. Apa saja hal tersebut, berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Pengguna Paylater Terbanyak di Indonesia Ternyata Ada di Daerah Ini, Tempatmu Masuk Ga?

BACA JUGA: Penyebab Akun Shoope PayLater Dinonaktifkan, Lakukan Pembaruan Data Sebelum Semua Transaksi Hilang

Risiko Galbay Shopee Pinjam

Seperti yang sudah kita ketahui, Shopee Pinjam memiliki beberapa layanan pinjaman yang dikenal luas, seperti SpayLater dan Spinjam. Kendati demikian, penting untuk mengetahui bahwa izin dan pengawasan untuk layanan pinjam tersebut berbeda dengan aplikasi Shopee yang digunakan untuk berbelanja.

Kedua layanan tersebut beroperasi di bawah perusahaan yang berbeda dan sudah diatur oleh OJK atau Otoriras Jasa Keuangan. Nah ketika kedapatan gagal bayar atau galbay Shopee Pinjam, ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu.

1. Bunga dan Denda

Bunga dan denda merupakan hal yang diizinkan oleh OJK. Namun penting untuk memerhatikan apakah bunga dan denda tersebut wajar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA: 6 Pinjol Semi Legal Sudah Berizin OJK, Tapi Belum Punya DC Lapangan Terbaru Juni 2024

BACA JUGA: DC Lapangan Pinjol Menunjukan 3 Ciri-ciri ini, Bisa Dipastikan Mereka Tidak Akan Datang

2. Debt Collector atau DC Lapangan

Sumber: