30 Petani Tembakau Dilatih Manajemen Agribisnis, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Undang Praktisi Temanggung

30 Petani Tembakau Dilatih Manajemen Agribisnis, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Undang Praktisi Temanggung

PELATIHAN - Sejumlah petani tembakau mengikuti Bimtek Manajemen Agribisnis Angkatan IV Komoditas Tembakau di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, baru-baru ini.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

BACA JUGA:Demi Data Lahan Pertanian Berkualitas, Sosialisasi Geospasial Digencarkan Dinas KP Tan Kabupaten Tegal

Dia menjelaskan, kegiatan Bimtek ini merupakan kerja sama Dinas KP Tan Kabupaten Tegal dengan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Soropadan.

Anggaran Bimtek ini berasal dari alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023. 

Adapun, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembinaan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pada petani tembakau di Kabupaten Tegal.

"Bimtek diikuti oleh 30 orang petani tembakau yang ada di wilayah Kabupaten Tegal, khususnya di Kecamatan Bumijawa dan Bojong," kata Tri menambahkan.

BACA JUGA:Harga Hanya Sampai Rp55 Ribu, Petani Tembakau di Temanggung Tak Untung Malah Buntung

Dia berujar, selama kegiatan, para petani mendapatkan materi dari beberapa narasumber. Yakni dari Kantor Bea Cukai Tegal, praktisi tembakau dari Asosiasi Tembakau Temanggung, petani pelaku organic Kabupaten Tegal, Koordinator POPT PHP serta dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal.

"Prinsipnya, kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas produk tembakau. Baik segar maupun lembutan. Itu perlu peningkatan pengetahuan kemampuan dan ketrampilan petani sebagai pelaku usaha serta membangun komunikasi untuk menjalin kerjasama dan kemitraan," kata Tri menjelaskan. (adv)

Sumber: