Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Periksa Komponen Sebelum Berkendara Supaya Tak Kepanasan

Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Periksa Komponen Sebelum Berkendara Supaya Tak Kepanasan

Inilah Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Periksa Komponen Sebelum Berkendara!--

RADAR TEGAL - Bagi Anda yang memiliki mobil tentu pernah merasakan AC mobil yang tidak dingin. Ada banyak penyebab AC mobil tidak dingin yang bisa Anda deteksi sebelum menggunakan mobil tersebut.

Biasanya yang terjadi AC mobil dalam keadaan normal tetapi tiba-tiba tidak dingin atau hanya mengembuskan angin saja. Penyebab AC mobil tidak dingin bisa saja dari hal-hal yang Anda sepelekan.

Jika AC sudah tidak dingin ditambah cuaca sedang terik dan kondisi jalanan macet makin menguras emosi Anda. Maka dari itu, sebelum berkendara penting untuk memeriksa kondisi AC dan mengetahui penyebab AC mobil tidak dingin.

Banyak dampak yang disebabkan jika AC mobil tidak berfungsi dengan baik sehingga penyebab AC mobil tidak dingin penting untuk diketahui. Selalu periksa kondisi kendaraan Anda agar perjalanan nyaman dan menyenangkan tanpa banjir keringat.

BACA JUGA:4 Tanda Oli Kompresor AC Mobil Habis dan Cara Ceknya, Bisa Pengaruhi Performa Berkendara

Penyebab AC mobil tidak dingin

Ada banyak kemungkinan yang terjadi yang menyebabkan AC mobil tidak dingin apalagi secara tiba-tiba. Simak ulasannya!

  • Freon AC kurang atau habis

Penyebab yang paling umum terjadi ialah freon yang berkurang ataupun habis. Freon sendiri merupakan zat yang mengandung senyawa hydrogen, klorin atau bromine.

AC mobil membutuhkan freon yang akan dipompa dan disirkulasikan oleh kompresor agar udara yang dikeluarkan menjadi dingin. Cara kerja dari freon sendiri dengan melepas udara panas ke bagian sirip dari kondensor.

Pada saat itu, freon akan berubah bentuk dari yang semula gas menjadi cair. Setelah itu akan didistribusikan ke bagian dryer untuk disaring dari uap air.

BACA JUGA:Penyebab AC Mobil Panas, Apakah Freon Habis? Berikut Cara Cek Komponen Mobil

AC mobil yang tdiak dingin disebabkan oleh freon yang berkurang atau akan habis sehingga membuat kabin menjadi dingin maksimal. Dampaknya, suhu yang dihasilkan cenderung lebih hangat dan tidak bisa mendinginkan.

  • Kerusakan extra fan

AC mobil yang tidak dingin juga dapat disebabkan oleh extra fan yang rusak. Extra fan atau kipas pendingin tambahan ini memiliki peran penting dalam kinerja AC.

Jika mengalami kerusakan, maka bagian kondensor akan menjadi panas karena proses kondensasi yang tidak bekerja maksimal. Hal tersebut menyebabkan penurunan suhu yang tidak akan terjadi apabila kipas pendingin tidak menyala.

Sumber: