Penyebab AC Mobil Panas, Apakah Freon Habis? Berikut Cara Cek Komponen Mobil

Penyebab AC Mobil Panas, Apakah Freon Habis? Berikut Cara Cek Komponen Mobil

Ilustrasi penyebab AC mobil panas./Pexel Julia Avamotive--

RADAR TEGAL - Ternyata bukan hanya freon penyebab AC mobil panas yang sering terjadi. Pemilik kendaraan harus tahu komponen lain yang bisa dicek sebelum membawa ke bengkel.

Penyebab AC mobil panas bisa banyak. Bahkan jika lingkungan sekitar panas dan jalanan macet bisa menjadi penyebab.

Sehingga ketahui dahulu penyebab AC mobil panas yang mengganggu saat diperjalanan. Bahkan bisa membuat tidak nyaman karena keringat dan sulitnya bernapas.

Penyebab AC mobil panas yang sangat parah perlu dibawa ke bengkel khusus. Sehingga bisa menangani secara pasti.

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable Murah dan Irit Listrik Terbaru Oktober 2023, Tangki Air Sangat Luas

AC mobil menjadi komponen yang membuat penumpang maupun mengemudi nyaman saat di perjalanan. Sehingga service rutin pun diperlukan untuk menjaga komponen mobil tersebut.

Terlebih saat ini cuaca sangat panas dan beberapa komponen mobil pun bisa mudah terganggu karena tidak diperhatikan. Maka berikut ini 5 cara cek penyebab AC mobil panas sebelum bawa ke bengkel.

1. Saluran AC bocor

Saluran AC yang bocor bisa mempengaruhi hembusan angin yang dikeluarkan ke dalam mobil. Sehingga udara yang dihasilkan pun tidak dingin.

2. Freon berkurang

Coba cek apakah cairan freon berkurang menjadi penyebab utama AC mobil tidak dingin. Selain itu saluran yang bocor juga bisa menjadi penyebab cairan freon cepat berkurang.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

3. Filter kabin kotor

Jika filter kabin kotor bisa mengurangi kemampuan evaporator dalam pendinginan. Sehingga ganti filter dan tetap jaga kebersihan evaporator agar AC tetap dingin.

Sumber: