Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?

Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?

Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Melihat fenomena boomingnya motor listrik di Indonesia, mari kita mengenal bagian-bagian atau komponen penting yang terdapat padanya.

Dengan tren motor listrik yang sedang marak-maraknya digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya yang kaula muda, membuat kita penasaran apakah komponen motornya sama dengan motor biasa pada umumnya.

Nah motor listrik sendiri merupakan kendaraan bermotor sama seperti kendaraan motor pada umumnya namun terdapat beberapa perbedaan pada bagian mesin maupun desainnya.

Adapun yang pasti sudah jelas adalah bahwa motor listrik ditenagai oleh listrik yang disalurkan oleh motor atau dinamo.

BACA JUGA:Motor Listrik Aman Gak Sih Dipakai Saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Nah daripada penasaran, mari langsung saja kita mengenal 5 komponen penting dalam motor listrik, simak dibawah ini:

1. Motor listrik

Untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan listrik roda dua, ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah motor listrik yang berfungsi sebagai penggerak.

Motor listrik memiliki peran yang sangat penting, seperti mesin pada motor konvensional. Tegangan yang dihasilkan motor listrik umumnya berkisar antara 60-72 volt disertai daya sebesar 1kW-3kW.

2. Controler

Komponen lain yang juga penting adalah controller. Controller berfungsi untuk mengatur kecepatan motor listrik. Melalui controller, beberapa fitur pada motor listrik juga dapat diatur, seperti alarm, cruise control, dan pemeriksaan error motor.

BACA JUGA:Pahami Sebelum Membeli, Ini Kekurangan dan Kelebihan Motor Listrik Gesits

Controller juga membuat pengendara dapat menaikkan atau menurunkan kecepatan motor ini dengan mudah.

3. Baterai

Sumber: