Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?

Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?

Mengenal 5 Komponen Penting dalam Motor Listrik Beserta Fungsinya, Bagian Mana yang Gak Boleh Kena Air?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Baterai merupakan komponen penting pada motor listrik yang berfungsi sebagai sumber tenaga. Ada dua jenis baterai motor bertenaga listrik yang umum digunakan di Indonesia, yaitu lead acid dan lithium ion.

Baterai lead acid merupakan jenis baterai yang paling umum digunakan pada motor bertenaga listrik di Indonesia. Baterai ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan baterai lithium ion, tetapi memiliki daya tahan yang lebih pendek. Baterai lithium ion memiliki harga yang lebih mahal, tetapi memiliki daya tahan yang lebih lama.

Adapun harga baterai pada motor bertenaga listrik merupakan yang termahal dibanding komponen-komponen lainnya. Harganya bahkan bisa setengah dari harga total motor bertenaga listrik yang dijual di Tanah Air.

BACA JUGA:Intip 7 Cara Merawat Baterai Motor Listrik supaya Performa Terjaga

Hal tersebut dikarenakan baterai memiliki teknologi yang kompleks dan membutuhkan bahan baku yang mahal. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, harga baterai motor listrik dapat mencapai 50% dari harga total motor bertenaga listrik.

4. Stator

Keempat ada stator yang merupakan salah satu komponen utama pada motor tenaga listrik. Stator berfungsi untuk membangkitkan medan magnet di sekitar rotor. Stator terbuat dari lilitan tembaga yang terletak mengelilingi poros utama.

Medan magnet tersebut akan berinteraksi dengan medan magnet rotor, sehingga menghasilkan gaya putar yang menggerakkan motor. Biasanya setiap motor memiliki 3 buah stator coil, tetapi ada juga motor yang memiliki lebih dari 3 buah stator coil.

Sedangkan untuk jumlah stator coil ini tergantung pada jenis motor tenaga listrik dan kebutuhan torsi motor. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, jumlah stator coil pada motor tenaga listrik biasanya berkisar antara 3 hingga 6 buah.

BACA JUGA:Melesat Tanpa Suara! Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik, Tenyata Bisa Membahayakan Pengendara Lain

5. Main Shaft

Main Shaft atau lebih dikenal dengan poros utama, adalah salah satu komponen penting pada kendaraan listrik yang berfungsi untuk menopang komponen lain.

Komponen ini sendiri dibuat dengan menggunakan bahan alumuniu, hal ini karena alumunium dipilih karena memiliki sifat anti karat, ringan, dan tahan panas.

Nah jadi itulah beberapa komponen penting yang terdapat dalam motor listrik yang bisa anda pahami jika anda berencana membeli motor listrik di masa mendatang.

Kesimpulan

Sumber: