Motor Listrik Aman Gak Sih Dipakai Saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Motor Listrik Aman Gak Sih Dipakai Saat Musim Hujan? Simak Penjelasannya!

Cara aman mengendarai motor listrik saat musim hujan (pict from istockphoto)--

RADAR TEGAL - Sebagian orang pasti pernah bertanya - tanya, kendaraan listrik apakah akan aman jika terkena air atau bahkan hujan?. Jika dibayangkan, karena namanya ada embel - embel listriknya pasti seharusnya dihindarkan dong dari air apalagi hujan.

Dan jika dipaksa menggunakan bisa menimbulkan konslet bahkan bisa menyetrum diri kalian. Tapi apakah benar motor listrik bisa aman - aman saja saat terkena air?

Sebenarnya saat kendaraan jenis listrik ini diciptakan, tentunya sudah ada perhitungan tersendiri terkait dengan keamanan dan keselamatan penggunanya. Untuk jenis kendaraan listrik seperti motor, dapat dipastikan dibuat supaya aman ketika kena air jadi penggunanya bisa menggunakan saat musim hujan sekalipun.

Walaupun telah didesain seaman mungkin, kalian tetap harus waspada saat musim hujan tiba dan Anda sedang berkendara menggunakan motor listrik. Kalau mau motor listrik aman dipakai saat musim hujan, yuk simak poin - poin penting yang harus dilakukan supaya tetap aman dalam berkendara.

BACA JUGA: Intip 7 Cara Merawat Baterai Motor Listrik supaya Performa Terjaga

Tak perlu berlama - lama lagi, yuk simak terus artikel RADAR TEGAL di bawah ini karena kami akan memberikan poin - poin pentingnya untuk Anda.

 

Poin penting menggunakan motor listrik saat musim hujan

1. Ketahui kecukupan baterai sebelum berkendara

Pertama, poin penting yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui apakah baterai motor listrik Anda cukup atau tidak untuk digunakan. Namun cek baterai tidak saja harus dilakukan saat ingin berkendara pada musim hujan saja, tapi saat kondisi lain dan ingin digunakan harap cek terlebih dahulu.

Sesuaikan dengan jarak perjalanan Anda, apakah dengan baterai yang ada tersebut akan cukup tidak jika digunakan. Apalagi saat ini tempat pengisian baterai untuk kendaraan listrik belum cukup banyak, oleh karenanya selalu pastikan kecukupan baterainya.

2. Ketahui jarak pacu Anda, jangan terlalu dekat dengan kendaraan lainnya

Kedua, poin pentingnya kalian harus mengetahui jarak pacu dan usahakan supaya tidak terlalu dekat dengan kendaraan lainnya. Mengingat saat hujan jalanan akan berair, maka selalu berhati - hatilah.

Sebenarnya tidak hanya motor listrik saja, motor biasa pun pada bagian ban bisa terjadi selip jika berkendara dalam kondisi jalanan berair. Oleh karenanya pengendara diminta supaya tidak terlalu berdekatan jarak antar satu motor dengan motor lainnya.

Sumber: