Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet

Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet

Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet--freepik.com/lifeforstock

Disarankan untuk membersihkan ataupun mengganti filter setidaknya setiap 1 hingga 3 bulan sekali. Namun membersihkannya tergantung dari seberapa sering Anda menggunakannya.

  • Memeriksa saluran udara

Saluran udara menjadi bagian penting dari sistem AC central maka pastikan bahwa saluran bersih dari debu, kotoran ataupun hewan. Jika saluran udara tersumbat maka aliran udara akan terhambat.

Hal tersebut menyebabkan kinerja AC kurang efisien, Anda dapat memanggil teknisi untuk membersihkan saluran udara secara menyeluruh.

  • Memeriksa sistem drainase

Sistem drainase AC central menjadi komponen penting untuk menghilangkan kelembaban yang dihasilkan saat pendinginan ruangan. Pastikan saluran pembuangan air tidak tersumbat ataupun bocor.

Saluran yang tersumbat dapat menyebabkan masalah yang serius. Biasanya masalah yang terjadi seperti kebocoran dan kerusakan sistem.

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable Murah dengan Humidifier dan Purifier, Bikin Udara Bersih Tambah Sehat

  • Memeriksa kondisi kondensor

Kondensor merupakan bagian luar AC yang bertugas untuk membuang panas. Pastikan bahwa area di sekitar bersih dari hambatan seperti rumput, dedaunan atau sampah.

Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada benda yang menutupi ventilasi kondensor. Hal ini penting agar AC tidak overheat dan bekerja dengan efisien.

  • Mengatur suhu dengan baik

Pengaturan suhu yang bijak mampu mempengaruhi umur AC central. Cobalah untuk menjaga suhu yang nyaman tanpa perlu memaksakan AC terlalu dingin.

Semakin dingin suhu yang Anda atur maka semakin keras AC bekerja. Hal ini tentu dapat mempengaruhi usia unit dan konsumsi listrik.

BACA JUGA:5 Rekomendasi AC Portable Murah dan Irit Listrik Terbaru Oktober 2023, Tangki Air Sangat Luas

  • Menjadwalkan perawatan berkala

Jadwalkan perawatan professional secara berkala maka professional akan memeriksa sistem AC secara menyeluruh. Tidak hanya itu, mereka juga akan membersihkan komponen internal dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Perawatan oleh teknisi professional membantu memastikan bahwa AC berfungsi dengan optimal. Selain itu, dengan adanya perawatan berkala maka dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih serius.

Dengan demikian, cara merawat AC central agar tetap optimal dan awet merupakan investasi jangka panjang dalam kenyamanan dan efisiensi energi. Dengan perawatan yang baik maka Anda dapat memastikan bahwa AC tetap berfungsi dengan optimal dan awet. (*)

Sumber: