Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet

Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet

Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet--freepik.com/lifeforstock

RADAR TEGAL - AC central menjadi pilihan popular mengenai pendingin baik di rumah atau kantor. AC  Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara perawatan AC central agar tetap optimal saat digunakan.

Tidak seperti AC portabel, AC central mampu mendinginkan seluruh ruangan dengan merata. Namun tidak berarti bahwa tidak penting mengetahui cara perawatan AC central.

Hal ini disebabkan oleh AC juga merupakan bagian dari perangkat elektronik. Untuk menjaga kinerjanya tetap optimal maka cara perawatan AC central juga perlu diperhatikan.

Jangan sampai dengan cara perawatan AC yang salah berakibat fatal untuk umur pakai AC itu sendiri. Simak cara perawatan AC central agar tetap optimal dan awet saat digunakan.

BACA JUGA:Beda AC 1/2 Pk Dan 1 Pk, Benarkah 1/2 Pk Harganya Lebih Murah?

Perbedaan mencolok AC portabel dan AC central

Meski masuk ke dalam kategori pendingin ruangan tetapi keduanya memiliki banyak perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah jika AC portabel dapat dipindahkan dengan mudah.

Sedangkan AC central terpasang permanen pada lokasi tertentu sehingga memindahkannya perlu bantuan teknisi. Selanjutnya, AC portabel cocok untuk mendinginkan ruangan individu atau ruangan yang relatif kecil hingga menengah.

Sementara itu, AC central biasanya digunakan untuk seluruh rumah atau bangunan sehingga menghasilkan suhu yang seragam di seluruh ruangan.

Cara perawatan AC central

Ada beberapa cara perawatan AC central yang mungkin memerlukan bantuan teknisi terkait.

  • Membersihkan filter secara rutin

Sama seperti AC portabel, filter juga merupakan komponen penting dalam sistem AC central. Tugasnya menyaring udara yang masuk ke sistem dan menjaga kualitas udara dalam ruangan.

BACA JUGA:Simak Cara Memilih Filter untuk AC Portabel, Pastikan Menggunakan HEPA!

Maka dari itu, penting untuk membersihkan atau mengganti filter secara rutin. Filter yang kotor akan mengurangi aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras.

Sumber: