Ajib Ah, Batik BangSin Jadi Salah Satu Seragam Resmi Pegawai Pemkab Brebes

Ajib Ah, Batik BangSin Jadi Salah Satu Seragam Resmi Pegawai Pemkab Brebes

Owner Batik BangSin (kanan) saat memperkenalkan kreasinya kepada Pj Bupati Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pegawai di lingkungan Pemkab Brebes baik itu ASN maupun Non ASN untuk mengenakan seragam batik Brebesan. Hal itu tertuang dalam Perbup Nomor 11 Tahub 2023 tentang Pedoman Pakaian Dinas ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah dan Surat Edaran Bupati Brebes No. B/065/1752/VII/2023 Tentang Pedoman Pakaian Dinas di Lingkungan Pemkab Brebes. 

Dalam aturan di atas menyebutkan, setiap Selasa pada pekan pertama setiap bulannya, pegawai diwajibkan mengenakan seragam Batik Salem Sidomukti Ukel. Kemudian, pada hari Selasa pada pekan kedua sampai keempat serta setiap hari Jumat, pegawai diwajibkan mengenakan seragam batik Brebesan motif lainnya, seperti Batik Salem, Mangrove, dan BangSin.

Dengan aturan di atas, membaut para perajin batik Brebesan senang. Salah satunya, Ali Hasbi Asiddiqi, yang merupakan perajin Batik BangSin. 

Menurut Ali, dengan adanya Perbup dan Surat Edaran Pj Bupati tersebut, banyak instansi di Kabupaten Brebes yang memakai Batik BangSin menjadi Seragam resmi seluruh pegawai. Menurutnya, aturan tersebut telah membantu para perajin batik lokal.

BACA JUGA:Mantap Nih! KPM PKH di Kampung Adat Jalawastu Dilatih Membatik

BACA JUGA:Keren! Batik Salem Ditetapkan Sebagai WBTB

"Batik BangSin sekarang sudah menjadi seragam resmi instansi di Kabupaten Brebes. Saat ini yang sudah mengindahkan instruksi dari Pj Bupati Brebes di antaranya SMP Negeri 2 Brebes, Puskesmas Wanasari, Puskesmas Larangan, Puskesmas Jagalempeni, dan isntansi lainnya," ungkap Ali.

Dia menyebutkan, instruksi otu merupakan bentuk apresiasi pemerintah dan pengakuan Pemkab Brebes terhadap kreativitas warganya, termasuk kepada dirinya yang merupakan pencipta Batik BangSin. Batik tersebut sudah memiliki legalitas berupa Hak Cipta dan Hak Merek sejak 2017. 

"Tentu kami mengapresiasi langkah Pemkab Brebes dalam dukungannya terhadap produk lokal," tandasnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dalam perbincangan dengan Ali Hasbi mengatakan, di Kabupaten Brebes banyak perajin batik yamg harus didukung pemerintah daerah. Selama ini, orang mengenal Batik Brebes hanya batik Salem. Namun pada kenyataanya, ada berbagai batik lokal yang perlu dukungan dari pemerintah daerah, salah satunya batik bawang merah telur asin (BangSin). 

BACA JUGA:Bangga dengan Produk Asli Brebes, ASN Promosikan Batik Salem

"Jadi ini salah satu kreasi dan produk dari masyarakat Brebes. Kalau orang mengenal selama ini ada batik, Batik Salem. Sebetulnya ada batik lain yang juga tidak kalah keren, yaitu Batik BangSin. Bawang, Telur Asin. Jadi motifnya keren," pungkasnya. (*)

Sumber: