8 Penyebab Motor Injeksi Mbrebet, Nomor 4 Sering Terjadi saat Musim Hujan

8 Penyebab Motor Injeksi Mbrebet, Nomor 4 Sering Terjadi saat Musim Hujan

Penyebab Motor Injeksi Mbrebet-foto: Aditya Saputra-

Jadi, pastikan untuk mengganti filter udara yang lama dengan yang baru sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Lama atau sebentarnya penggantian ini tergantung pada kondisi lingkungan tempat Anda mengendarai motor. Motor yang digunakan di area perkotaan akan membutuhkan penggantian filter udara lebih sering.

Dengan membersihkan atau mengganti filter udara, pembakaran dalam mesin akan menjadi lebih baik dan mesin akan berfungsi dengan lebih baik.

BACA JUGA:Astra Daihatsu Tegal Gelar Promo Servis Daihatsu REUNION, Banyak Diskonnya

3. Kerusakan pada busi

Busi juga dapat menjadi salah satu penyebab mesin brebet pada putaran mesin tinggi. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menyebabkan mesin brebet saat motor digas. Ciri-ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. 

Jika busi hanya kotor, Anda bisa mencoba membersihkannya dan memasangnya kembali. Namun, jika busi tidak bisa dinyalakan, artinya busi sudah mati atau tidak dapat digunakan.

Busi yang sudah mati tidak dapat menyalakan api, sehingga pembakaran dalam mesin tidak dapat terjadi. Solusi terbaik dalam hal ini adalah dengan mengganti busi yang rusak dengan yang baru. Dengan cara ini, percikan api dapat kembali tercipta pada ruang pembakaran.

4. Tangki bahan bakar kemasukan air

Penyebab lain dari mesin brebet yang bahkan membuat motor tidak bisa menyala adalah jika tangki bahan bakar kemasukan air. Air dalam tangki bahan bakar akan mengganggu pembakaran karena mengurangi jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

BACA JUGA:Toyota Kijang Innova Varian Diesel 2017 Dibanderol Makin Murah? Segini Harganya

Air bisa masuk ke dalam tangki bahan bakar karena salah dalam metode pencucian motor atau pembelian bensin eceran. Seringkali penjual eceran tidak memindahkan bensin dengan benar ke dalam botol eceran, sehingga terdapat endapan air.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menguras tangki bensin dan menggantinya dengan yang baru. Selain itu, Anda juga perlu mengganti filter bensin yang sudah terkena air. Selama pengurasan tangki bensin, Anda juga perlu membersihkan kotoran yang mungkin mengendap di dalam tangki.

5. Sensor injeksi rusak

Penyebab mesin brebet pada motor injeksi juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada komponen injektor. Ketika injektor rusak, pembakaran mesin akan terganggu. Kerusakan injektor bisa disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau kurangnya perawatan komponen tersebut.

Injektor perlu dibersihkan secara berkala menggunakan cairan pembersih khusus. Jika injektor kotor atau rusak, ini akan menyebabkan mesin brebet. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan rutin melakukan servis ke bengkel resmi, sehingga jika injektor kotor, dapat segera dibersihkan.

Sumber: