Waspada! Tumbuh Kembang Anak Bisa Terganggu Gara-gara Ini, Jangan Jadi Tumbal!

Waspada! Tumbuh Kembang Anak Bisa Terganggu Gara-gara Ini, Jangan Jadi Tumbal!

TALKSHOW - Anggota FASA Muhammad Kamal Bustami saat Talkshow Pagi yang dipandu Aldo Herlambang di studio radio pemerintah, pada Selasa 26 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Pesan ini penting buat para orang tua. Mereka harus waspada terhadap dampak timbal yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Pasalnya, timbal sangat berbahaya dan bisa mempengaruhi mereka jika sudah masuk ke dalam tubuh. Hal ini seperti dikatakan Anggota Forum Anak Slawi Ayu (FASA) Muhammad Kamal Bustami saat Talkshow Pagi yang dipandu Aldo Herlambang di stasiun radio Pemerintah Kabupaten Tegal, pada Selasa 26 September 2023.

"Timbal ini sangat berbahaya jika masuk ke tubuh manusia," kata Kamal. 

Timbal ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak seperti bisa menurunkan IQ anak. Kemudian kelainan sistem syaraf serta koordinasi tubuh yang berkurang.

BACA JUGA:Empat Desa di Tegal Terkontaminasi Timbal, 53 Persen Balita Terpapar Lebih dar 5 Microgram Deciliter

BACA JUGA:Pernah Gagal Divaksin, Pria Tua Ini Curhat Pada Ganjar: Kulo Meh Ditimbali Gusti

Masalah perkembangan atau stunting, kecacatan pada janin hingga bisa mengakibatkan kematian juga bisa timbul akibat terdampak timbal.

“Maka kita harus waspada dan perlu tahu bahwa timbal berbahaya bagi tubuh kita sehingga bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak hingga kematian,” kata Kamal menjelaskan.

Dia menjelaskan, timbal adalah logam berat yang terbentuk secara alami yang memiliki empat bentuk isotop. Warnanya kebiru-biruan atau abu-abu keperakan. Titik leleh pada 327,5ºC dan titik didih 1740ºC di atmosfer.

Menurut Kamal, bahaya timbal bagi tubuh manusia ketika mencapai lebih dari 5 micro desiliter.

BACA JUGA:Mengandung Senyawa Timbal dan Karbon, Hentikan Bungkus Gorengan Pakai Koran

BACA JUGA:Tercemar Limbah B3 Sejak Tahun 80-an, Butuh Rp20,5 Miliar untuk Remediasi Lahan Pesarean Kabupaten Tegal

Cuci tangan pakai sabun

Lidya Syahwa Pradesta, yang juga anggota FASA menambahkan, untuk mencegah terpapar timbal maka harus cuci tangan pakai sabun dengan air bersih secara rutin.

Sumber: radartegal.disway.id