Lahan di Bumijawa Kabupaten Tegal 3,5 Hektare Terbakar, Diduga Api Berasal dari Sampah Warga

Lahan di Bumijawa Kabupaten Tegal 3,5 Hektare Terbakar, Diduga Api Berasal dari Sampah Warga

BERJIBAKU - Petugas BPBD nampak berupaya keras menjinakkan api yang sempat membakar lahan di Bumijawa.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Musibah kebakaran menjadi salah satu yang rawan terjadi saat ini. Insiden tersebut juga baru saja terjadi di lahan seluas 3,5 hektare yang berada di Desa Sukasari Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Sabtu 23 September 2023.

Diduga api berasal dari sampah yang dibakar warga. Karena ulah oknum yang tak bertanggungjawab itu, lahan di Bumijawa tersebut terbakar.

Lokasinya berada di Dusun Wage Timur RT 02 dan 03 diwilayah RW 02 Desa Sukasari Kecamatan Bumijawa. Lahan seluas 3,5 hektare di Bumijawa tersebut ditumbuhi bambu dan tanaman keras lainnya. Seperti pohon jati, cengkeh, dan pete yang selama ini dikelola masyarakat.

Musibah kebakaran diduga terjadi karena ada warga yang sempat membersihkan area lahan di Bumijawa tersebut dengan cara membakar. Kobaran api itu langsung menyambar lahan bambu yang berlokasi tidak jauh dari tempat tersebut. 

BACA JUGA:Mini Market MC Lama Slawi Terbakar, Penjaga Malam Sempat Dengar Suara Mencurigakan

BACA JUGA:Dalam Sehari, 4 Insiden Kebakaran di Kabupaten Tegal Terjadi

Warga sekitar sempat melihat kobaran api yang mulai membesar pada pukul 17.35 WIB. Hal ini seperti diungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah melalui sekretarisnya, Danang.

Beruntung tidak ada kerugian yang berarti dan korban jiwa dalam insiden kebakaran lahan di Bumijawa tersebut. 

Warga sekitar kemudian melihat kobaran api di lahan di Bumijawa tersebut yang mulai membesar menjelang magrib dan sempat menghubungi relawan PB Sehati. 

"Kemudian informasi tersebut diteruskan ke jajaran Polsek Bumijawa dan Koramil serta BPBD," ujarnya.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Alang-alang Membesar Tertiup Angin dan Mengakibatkan 3 Kios Terbakar

BACA JUGA:Museum Nasional Indonesia Kebakaran! 13 Unit Mobil Pemadam Kebakaran Berjibaku Jinakkan Api

Dari hasil assesment yang dilakukan, kuat dugaan kebakaran lahan di Bumijawa tersebut dipicu oleh salah seorang oknum yang tidak bertanggungjawab, usai membersihkan area lahan dengan cara membakar. 

Diduga, warga membakar sampah di bawah tebing. Namun akibat angin bertiup kencang, api menjalar hingga ke atas tebing dekat lahan di Bumijawa tersebut yang berjarak kurang lebih 2 meter dari pemukiman penduduk.

Sumber: radartegal.disway.id