Bak Pemilihan Presiden, SMK Peristek Pangkah Gelar Pilketos Lengkap dengan Kampanye

Bak Pemilihan Presiden, SMK Peristek Pangkah Gelar Pilketos Lengkap dengan Kampanye

PILKETOS - Pelajar SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal mengikuti Pilketos masa bakti 2023-2024, Senin 18 September 2023 yang menyerupai pemilihan presiden.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pemilihan presiden di negara ini nampaknya menjadi rujukan belajar berdemokrasi bagi para siswa di sekolah. Salah satunya di SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal.

Sekolah itu menggelar Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilketos), di sekolah setempat dengan tahapan bak pemilihan presiden (pilpres).

Kegiatan itu berlangsung pada Senin, 18 September 2023. Waka Kesiswaan SMK Peristek Pangkah Aji Mulyanto S Pd berharap, pelaksanaan Pilketos yang menyerupai pemilihan presiden ini dapat memberikan hasil pemilihan yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dia menyebut, Pilketos ini diawali pada 9 September 2023 dengan agenda kampanye layaknya pemilihan presiden. Sedangkan pemaparan visi misi dan pemilihan calon ketua OSIS pada 18 September 2023.

BACA JUGA:Mirip Pemilihan Presiden, SMP NU 1 Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal Gelar E-Pilketos

BACA JUGA:Dikemas Seperti Pemilu, Pilketos SMK BP Dukuhwaru Meriah Dimeriahkan Lomba Karoke

“Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, bahu-membahu menyelesaikan tahapan pemilihan ini,” tukasnya.

Mengenai pemilihan yang dibuat menyerupai pemilihan presiden, Kepala SMK Peristek Pangkah H. Sukadi S.Pd M.Pd mengatakan, Pilketos yang digelar setiap tahun ini merupakan pembelajaran praktik berdemokrasi.

"Kita melatih siswa agar mereka bisa berdemokrasi," kata Sukadi.

Dengan adanya Pilketos yang meniru pemilihan presiden itu, diharapkan para siswa mendapat bekal pengalaman berdemokrasi yang berguna di masa mendatang.

BACA JUGA:Pas! Pemilu Legislatif 2024 dan Pilpres Berlangsung di Hari Valentine, 14 Februari

BACA JUGA:Pendukung Gibran Tegal Raya Gelar Konsolidasi, Ini Sikap Mereka di Pilpres 2024

Karena dalam Pilketos itu, peserta didik diperkenalkan tata cara dan tahapan yang ideal dalam proses demokrasi. Menurutnya, pemilihan bak pemilihan presiden ini merupakan ruang untuk menumbuhkan sikap demokratis dan bertanggung-jawab dengan menerapkan langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER).

"Kegiatan ini berjalan tertib dan penuh antusias. Pembina Osis Ibu Ani Parhataeni,S.Si, yang memandu kegiatan itu berkolaborasi dengan panitia Pilketos,” kata Sukadi.

Sumber: