Mirip Pemilihan Presiden, SMP NU 1 Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal Gelar E-Pilketos

Mirip Pemilihan Presiden, SMP NU 1 Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal Gelar E-Pilketos

PEMILIHAN - Sejumlah pelajar saat memilih Ketua OSIS SMP NU Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal dengan menggunakan sistem elektronik layaknya pemilihan presiden, Sabtu 2 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Mirip Pemilihan Presiden (Pilpres), SMP Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy'ari Tarub Kabupaten Tegal menggelar Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem elektronik (E-Pilketos), Sabtu 2 September 2023. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah.

Pemilihan bak pemilihan presiden ini diikuti tiga pasangan calon (paslon). Nomor urut 1 paslon Lystia Wysni Afridia dan Rheizza Evananda El Risyan.

Nomor urut 2 paslon Aurel Sandra Adila dan Muhammad Ibnu Al Yasin. Kemudian nomor urut 3 paslon Adinda Shafa Aisyah dan Risqi Angga Saputra.

Layaknya pemilihan presiden, pemilihan ketua OSIS ini punya beberapa tahapan. Pertama, diawali melalui kelas masing-masing. 

Kemudian dilanjutkan dengan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Selain itu, setiap paslon juga wajib memaparkan visi dan misinya di hadapan panitia dan seluruh siswa serta guru seperti calon presiden dalam pemilihan presiden.

"Kita juga menggelar Fit and Proper Test serta kampanye terbuka terhadap para paslon," kata Kepala SMP NU Hasyim Asy'ari Tarub Drs H Maknun, Selasa 5 September 2023.

BACA JUGA:Disebut Cocok Jadi Cawapres 2024, Dukungan untuk Gibran Rakabuming Raka Semakin Menguat

BACA JUGA:Pendukung Gibran Tegal Raya Gelar Konsolidasi, Ini Sikap Mereka di Pilpres 2024

Dia menuturkan, proses E-Pilketos yang mirip pemilihan presiden ini dilengkapi dengan 6 laptop, 1 server dan layar proyektor untuk menayangkan hasil suara. Adapun, daftar pemilih tetap (DPT) dalam E-Pilketos itu sebanyak 792 suara. Mereka merupakan pelajar kelas 7, 8 dan 9.

Sedangkan para guru hanya mendampingi selama proses pemilihan ketua OSIS layaknya pemilihan presiden ini.

"Jadi kita hanya mengarahkan bagaimana cara memilih yang benar," kata Maknun menjelaskan.

Dia meyakini, Pilketos dengan sistem elektronik layaknya pemilihan presiden ini, kali pertama dilakukan di Kabupaten Tegal. Karenanya, dia berharap pengurus OSIS dapat mengembangkan dan melaksanakan program untuk memajukan SMP NU 1 Hasyim Asy'ari Tarub di tingkat provinsi maupun nasional.

Sumber: radartegal.disway.id