Dikemas Seperti Pemilu, Pilketos SMK BP Dukuhwaru Meriah Dimeriahkan Lomba Karoke

Dikemas Seperti Pemilu, Pilketos SMK BP Dukuhwaru Meriah Dimeriahkan Lomba Karoke

Kepala SMK BP Dukuhwaru, Sarwo Edy Pramono ST MT (tengah) foto bersama dengan Paslon Pilketos sebelum pencoblosan.-Yeri Noveli-

DUKUHWARU, RADARTEGAL.COM - Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS (Pilketos) SMK Bhakti Praja (BP) Dukuhwaru, Kabupaten Tegal digelar Jumat 13 Januari 2023.

Selain digelar seperti Pemilu, kegiatan yang dilangsungkan di halaman sekolah itu berlangsung meriah dengan adanya lomba karoke yang diikuti oleh seluruh siswa. Lomba karoke memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan. 

Kepala SMK BP Dukuhwaru, Sarwo Edy Pramono ST MT mengatakan, Pilketos ini memang digelar serasa Pemilihan Presiden atau Pemilu. Tujuannya, untuk memberikan pembelajaran kepada siswanya tentang demokrasi. 

Artinya, dalam Pilketos itu para siswa juga dapat menyampaikan aspirasi kepada pasangan calon (Paslon). Tak terkecuali, juga sekaligus untuk mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang tertuang dalam kurikulum merdeka.

BACA JUGA:28 Tim SMP/MTs Adu Jago Dalam Turnamen Bola Voli HUT SMK YPT Tegal

"Prinsipnya, kegiatan ini sebagai proses penguatan karakter peserta didik. Terutama dalam kehidupan berdemokrasi," kata Sarwo Edy, di sela-sela pelaksanaan Pilketos.

Menurut Sarwo Edy, sebenarnya kegiatan di lingkungan sekolah tersebut tidak hanya Pilketos. Berbagai kegiatan lainnya juga banyak. Terutama kegiatan akademik yang berprestasi. 

Tak heran, SMK BP Dukuhwaru selalu menjadi tujuan peserta didik untuk mengampu ilmu. Hal itu dibuktikan dengan jumlah siswa yang mencapai 2.609 anak.

Sarwo menyatakan, untuk membangun brand sekolah, pihaknya juga selalu meningkatkan kualitas SDM pendidik, sarana prasarana dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

BACA JUGA:Tutup Buku, SHU Primkop Kartika Kodim Tegal Meningkat

"Sekolah kami memang memiliki segudang prestasi. Dan ini merupakan bentuk kontribusi kami kepada dunia pendidikan dan masyarakat," ujarnya.

Sementara, Pembina OSIS SMK BP Dukuhwaru, Iyan Nur Fatahilah mengatakan, pelaksanaan Pilketos untuk masa bhakti 2023-2024 ini diikuti 4 paslon. 

Untuk paslon nomor urut 1 yakni Amelia Eka Fitriyani siswi kelas XI TKJ 5 dan Dion Setiaji kelas XI TBSM 2. 

Paslon nomor urut 2, Rizky Lukmawati kelas XI TAV 5 dan Keny Andika Putra kelas X TOT 1. Paslon nomor urut 3, Diyanah Nur Amaliyah kelas XI TKJ 1 dan Andhyka Supriyanto kelas X TKRO 1. 

Sumber: