Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

MENGERUDUK - Ratusan massa menggeruduk Balai Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal untuk menuntut pelaksanaan Pilkades PAW Banjarturi dilanjutkan, Senin 18 September 2023 pagi.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Dia mengungkapkan, surat penundaan itu ditandatangani oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Banjarturi pada Minggu 17 September 2023. Penundaan mendasari dari surat Bupati Tegal dengan alasan akan melakukan evalusi pemeriksaan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Dalam surat itu juga berbunyi tidak ada batasan waktunya proses penundaan tersebut.

"Kenapa dihentikan! Padahal persyaratan sudah lengkap semua. Jangan-jangan ini ada oknum pemerintahan yang tidak ingin adanya PAW. Bisa juga camatnya," tegas Dulhadi.

BACA JUGA:Seru Nih! Pilkades Serentak Bakal Diikuti 22 Kades Incumbent di Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Pilkades Slawi Kulon Kabupaten Tegal Rawan Gejolak, Gara-gara Sekdes Masih Berangkat

Dia berharap agar Bupati Tegal netral. Tidak terkontaminasi dengan oknum yang menghalangi pelaksanaan PAW Banjarturi ini. Warga menghendaki agar Desa Banjarturi dipimpin oleh kades definitif. Bukan dipimpin oleh Pj.

"Ini jelas ada oknum yang ingin merusak tatanan pemerintahan Desa Banjarturi. Orang itu harus diperiksa," kata Dulhadi menegaskan.

Dulhadi menilai, panitia Pilkades Banjarturi tidak netral. Sepertinya memihak pada salah satu calon. Sehingga proses tahapan PAW ditunda hingga 2 kali.

"Saya bilang bahwa panitia tidak netral," tandasnya.

BACA JUGA:Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal, 2 Desa Ajukan Uji Kompetensi Balon Kades

BACA JUGA:Jelang Pilkades Serentak, Polres Tegal Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Sementara, Kepala Dispermades Kabupaten Tegal Dessy Arifiyanto yang hadir dalam aksi demo itu mengatakan, dinamika PAW Banjarturi memang cukup tinggi. Untuk meredam suasana yang memanas itu, maka bupati melakukan evaluasi dan monitoring. 

Untuk menunggu hasil evaluasi itu, terpaksa PAW Banjarturi ditunda sementara.

"Sampai dilakukan pemeriksaan oleh APIP Inspektorat. Sehingga nanti ada kejelasan," ujar Dessy.

Dirinya tak menampik, sebenarnya hari ini (Senin) pencoblosan kades antar waktu dilaksanakan. Bahkan, pada Jumat lalu, panitia sudah menggelar pengundian nomor urut para calon. Akan tetapi, panitia menunda pelaksanaan pencoblosan.

BACA JUGA:Indikasi Kecurangan Panitia Pilkades Dukuhwringin Mencuat, Begini Hasil Klarifikasi Camat Slawi

Sumber: radartegal.disway.id