Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal Kisruh dan Memanas, Ratusan Massa Geruduk Balai Desa

MENGERUDUK - Ratusan massa menggeruduk Balai Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal untuk menuntut pelaksanaan Pilkades PAW Banjarturi dilanjutkan, Senin 18 September 2023 pagi.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal kisruh dan memanas. Ratusan warga Desa Banjarturi Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, Senin 18 September 2023 pagi menggelar aksi demo di balai desa setempat.

Aksi tersebut dipicu karena adanya tuntutan dari massa yang meminta proses Pilkades PAW Banjarturi Kabupaten Tegal segera berlangsung. Hal ini mengingat kepala desa (kades) sebelumnya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dan sudah mengundurkan diri. 

Dulhadi, salah satu calon Pilkades PAW mengaku kecewa dengan tahapan PAW Kades Banjarturi yang ditunda hingga 2 kali. Pertama pada 4 September 2023 lalu. 

Kala itu, tahapan Pilkades PAW Banjarturi dihentikan karena ada beberapa bakal calon kepala desa antar waktu yang belum melengkapi dokumen persyaratan. Penghentian itu mendasari surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Wahai Calon Kades se Kabupaten Tegal, Ada Denda 25 Juta Jika Lakukan Ini Pada Tahapan Pilkades 2023

BACA JUGA:Sempat Diprotes, Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Komit Hanya Tetapkan 2 Calon Kades

"Setelah muncul surat itu, lalu para bakal calon langsung melengkapi persyaratannya," kata Dulhadi membeberkan.

Setelah lengkap, sambung Dulhadi, proses tahapan Pilkades PAW Banjarturi dilanjutkan kembali pasca terbitnya surat dari Dispermades ihwal pencabutan surat penghentian tersebut.

Kemudian panitia pemilihan kades antar waktu membuat revisi tahapan Pilkades PAW Banjarturi. Bahkan, panitia juga sudah menetapkan 3 nama calon kepala desa antar waktu pada 11 September 2023.

Ketiga calon itu yakni, Khasanuri (54 tahun), Muhaemin (62 tahun) dan Dulhadi (52 tahun). Tidak hanya itu, panitia juga sudah menggelar pengundian nomor urut, penyampaian program dan penandatanganan nota kesepakatan damai yang dilakukan oleh para calon.

BACA JUGA:Sempat Panas, Desa Sumingkir Disambangi Polisi yang Patroli Pengamanan Pilkades

BACA JUGA:Panas! Panitia Pilkades Sumingkir Kabupaten Tegal Diprotes, Puluhan Warga Geruduk Balai Desa

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat 15 September 2023 itu juga dihadiri unsur Forkopimcam Warureja. Sesuai tahapan revisi, proses Pilkades PAW Banjarturi dilanjutkan dengan pemilihan atau pencoblosan, pada Senin 18 September 2023. Bahkan, undangan pencoblosan juga sudah disebar.

"Tapi mendadak, ada surat lagi kalau hari ini (Senin) pemilihan kades PAW ditunda. Ini bagaimana, jangan membuat warga kecewa. Pemerintahan kok buat mainan," cetus Dulhadi kecewa.

Sumber: radartegal.disway.id