Jelang Pilkades Serentak, Polres Tegal Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Jelang Pilkades Serentak, Polres Tegal Gelar Pelatihan Pengendalian Massa

Personel Polres Tegal sedang melaksanakan pelatihan pengendalian massa di halaman Mapolres.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Polres Tegal menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas). Kegitan itu sebagai upaya meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personel saat bertugas, serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas jelang Pilkades serentak

Kegiatan yang dipusatkan dihalaman Mapolres tersebut diawali dengan arahan dan terori yang dilakukan langsung oleh Kasat Samapta AKP Surahno SH MH. 

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod SH SIK melalui Kabag Ops  Kompol Sardoyo SH MH menyatakan, pelatihan kali ini melibatkan personel gabungan dari bagian, satuan, kasie, serta jajaran Polsek guna meningkatkan ketampilan dalam menghadapi massa.

"Mereka ditempa gerakan dalmas dengan tameng serta tanpa tameng. Selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ujarnya Selasa 8 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bukan Lagi Angka 8, Polres Tegal Berlakukan 4 Item Baru Uji Praktik Pembuatan SIM C

Pihaknya menyatakan latihan ini juga membentuk ketrampilan dan fisik yang prima kepada personel Polres Tegal jelang menghadapi pemilihan kepala desa serentak di wilayah Kabupaten Tegal.

Guna mencegah segala gangguan kamtibmas maupun kerawanan di tempat pemilihan.

"Latihan dan materi dalmas yang diberikan ini bertujuan personel mampu dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan. Sekaligus untuk melatih fisik serta kesiapan personel dilapangan pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya," cetusnya.

Terpisah Kasat Samapta AKP Surahno SH MH menambahkan bahwa setiap personel juga harus paham tahapan-tahapan dalam pengendalian massa sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa.

BACA JUGA:Ibu-ibu Curhat Soal Biaya hingga Antrean Pembuatan SIM, Begini Penjelasan Polwan Polres Tegal

“Diharapkan dengan latihan ini secara rutin setiap anggota Polres Tegal selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota,” ungkapnya. *

Sumber: