Alhamdulillah, Keluarga yang Tinggal di RTLH di Wilayah Perkotaan Brebes Akhirnya Terima Bantuan Rehab Rumah

Alhamdulillah, Keluarga yang Tinggal di RTLH di Wilayah Perkotaan Brebes Akhirnya Terima Bantuan Rehab Rumah

Camat Brebes (tiga dari kanan) beserta rombongan dari Pemkab Brebes menyalurkan bantuan kepada Rusmini yang menempati RTLH di wilayah perkotaan Brebes, Kamis 14 September 2023. Dan rencananya, rumah yang ditempati Rusmini bakal direhab.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Cerita keluarga kurang mampu menempati rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah perkotaan Kabupaten Brebes sempat ramai diberitakan, akhirnya bakal menerima bantuan rehab rumah. Pasalnya, pemberitaan tentang RTLH yang ditempati enam orang tersebut direspon langsung oleh pemerintah setempat.

Bahkan, Pj Bupati Brebes memerintahkan dinas terkait dan Camat Brebes untuk langsung meninjau langsung lokasi rumah Rusmini, Kamis 14 September 2023.

Di RTLH tersebut, Rusmini tinggal bersama tiga anaknya dan dua keponakan tinggal di RT 03 RW 01 Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes. Selain tidak layak, rumah tersebut juga belum teraliri listrik dan sumber air.

Dalam kunjungannya ke rumah Rusmini, Camat Brebes, Asip Fauzan mengatakan, pihaknya datang ke rumah tersebut karena memang ada laporan bahwa Rusmini tinggal di rumah yang tidak layak. Kedatangannya tersebut, sekaligus memberikan solusi.

Asip juga menuturkan, kalau informasi dari dins terkait Rusmini sudah mendapat bantuan PKH semenjak 2012 lalu. Sehingga kebutuhan mendesak saat ini salah satunya adalah rehab rumah.

"Untuk rehab rumah, dinas terkait sudah menyiapkan bantuan RTLH berupa material senilai Rp15 juta," ujarnya.

Sedangkan kebutuhan listrik, daei Kelurahan Pasarbatang dan pihak kecamatan akan menanggung biaya pemasangan listrik. Dan untuk kebutuhan air, tambah Asip, sumber air warga di lokasi siap disalurkan.

"Alhamdulillah, rasa gotong royong warga setempat tinggi, jadi kabar ini juga cepat sampai kepada pemerintah daerah," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik, Tatag Koes Adianto juga menyampaikan apresiasi atas informasi yang cepat masuk. Dengan begitu, Pemkab Brebes dapat segera mencarikan solusi. 

Dikesempatan itu, Tatag juga menyampaikan masyarakat tidak perlu sungkan-sungkan berkeluh kesah atau melaporkan berbagai hal kepada Pemkab Brebes. Warga bisa memanfaatkan layanan melalui Sambat Maring Bupati (Sambu).

Warga Brebes bisa menyampaikan keluh kesah melalui nomor Sambat Maring Bupati di 08164885500 atau melalui media sosial.

"Kita harapkan bantuan informasi jika memang ada warga yang butuh bantuan, sehingga pemerintah bisa langsung bertindak," pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan, cerita keluarga kurang mampu menempati rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah perkotaan Kabupaten Brebes. Di RTLH tersebut, ditempati enam orang.

Rumah tersebut ditempati oleh Rusmini (45), bersama ketiga anaknya. Ditambah, dua anak yatim dari mendiang saudaranya yang telah lama meninggal juga ikut tinggal di rumah tersebut.

Sumber: