Awas! Jangan Bagikan Nomor KTP Kamu ke Pinjol dengan Ciri-ciri Berikut Ini, Bisa Jadi Itu Pinjol Ilegal

Awas! Jangan Bagikan Nomor KTP Kamu ke Pinjol dengan Ciri-ciri Berikut Ini, Bisa Jadi Itu Pinjol Ilegal

Awas! Jangan Bagikan Nomor KTP Kamu ke Pinjol dengan Ciri-ciri Berikut Ini, Bisa Jadi Itu Pinjol Ilegal--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Jangan pernah anda membagikan nomor NIK atau nomor KTP kepada pinjol (pinjaman online) yang memiliki ciri-ciri berikut ini, bisa jadi itu pinjol ilegal.

Warga +62 pastinya udahtidak asing dengan layanan pinjol atau pinjaman online yang mayoritas menggunakan layanan pinjam uang ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan ekonomi.

Namun dengan kepopulerannya menjadi layanan pinjam uang di Indonesia tak menutup kemungkinan berbagai layanan pinjol yang dilakukan secara tidak resmi atau ilegal.

Layanan pinjol tersebut cenderung tidak aman dan berbahaya karena tidak terdaftar dan tidak terawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Indonesia.

Ojk sendiri bertugas untuk mengawasi setiap aktivitas yanfg berjalan di sektor keuangan.

Nah untuk mewaspadai diri dari layanan pinjol yang ilegal atau tidak resmi, berikut sudah kami siapkan ciri-cirinya yang bisa anda pahami. Simak dibawah ini.

1. Tidak Terdaftar dan Tidak Terawasi oleh OJK

Pinjaman online ilegal adalah pinjaman yang tidak terdaftar atau tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK adalah lembaga pemerintah yang berwenang untuk mengawasi dan melindungi konsumen jasa keuangan di Indonesia. Pinjaman online ilegal tidak memiliki perlindungan hukum dan dapat merugikan konsumen.

2. Memakai SMS atau Wahtsapp dalam Memberikan Penawaran

Adapun pinjaman online yang ilegal atau tidak resmi menggunakan Whatsapp atau SMS dalam memberikan penawaran kepada calon nasabahnya.

Penawaran pinjaman online ilegal biasanya sangat agresif dan mendesak. Pinjaman online ilegal juga sering menawarkan pinjaman dengan bunga dan biaya yang sangat tinggi.

BACA JUGA:Bisa Dapat Rp150.000, Saldo DANA Kaget Ini Cair Langsung Lewat Hape Kamu! Cek Caranya di Sini

BACA JUGA:Gen Z Wajib Tahu, Begini Solusi Terbaik untuk Melunasi Utang Pribadi atau Pinjol

Sumber: